KAI: Areal Kereta dan Stasiun Tetap Wajib Masker
JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan areal kereta api dan stasiun tetap wajib masker. Untuk itu, setiap penumpang atau pelanggan diwajibkan menggunakan masker selama berada dalam moda transportasi tersebut juga di areal stasiun.
Pernyataan itu, disampaikan KAI menindaklanjuti SE Kementerian Perhubungan Nomor 57 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 18 Mei 2022.
“Terkait syarat menggunakan masker pada moda transportasi kami, pelanggan tetap diwajibkan menggunakan masker selama dalam perjalanan kereta api dan saat berada di stasiun,” kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus, dalam keterangan resmi, Rabu (18/5/2022).
Menurut dia, PT KAI tetap menerapkan wajib masker di areal stasiun dan kereta karena merupakan kawasan khusus dan tertutup. Untuk itu, penerapan protokol kesehatan di areal operasional PT KAI akan tetap diberlakukan.
Adapun masker yang digunakan adalah masker 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut, dan dagu. Pelanggan harus mengganti masker secara berkala setiap 4 jam dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan.
Selain itu, lanjutnya, penumpang atau pelanggan juga diimbau untuk tidak berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan.
“Dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi Peduli Lindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 pelanggan,” ujar Joni.
Tak hanya itu, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua (lengkap) atau ketiga (booster) tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen pada saat proses boarding
Untuk dapat naik kereta api, pelanggan harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam), dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.
"Sebagai bentuk peningkatan pelayanan, KAI memberikan healthy kit kepada pelanggan KA Jarak Jauh yang berisikan masker dan tisu basah secara cuma-cuma." tutur Joni.
Editor: Jeanny Aipassa