KAI Layani 374.000 Pelanggan Jelang Libur Nataru
JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat telah melayani sebanyak 374.000 pelanggan kereta api (KA) jelang libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Adapun rincian penumpang di antaranya 186.771 pelanggan KA Jarak Jauh dan 187.582 pelanggan KA Lokal.
VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, rata-rata pelanggan KA Jarak Jauh pada periode pada 17 Desember 2021 hingga hingga 19 Desember 2021 sebanyak 62.257 pelanggan per hari.
“Jumlah tersebut masih lebih rendah jika dibandingkan sebelum pandemi dimana KAI rata-rata melayani 175.393 pelanggan KA Jarak Jauh pada angkutan Nataru 2019,” ujar Joni dalam keterangan tertulis, Senin (20/12/2021).
Rute yang menjadi favorit pelanggan pada periode 17-19 Desember tersebut yaitu rute Jakarta-Cirebon pp, Jakarta-Purwokerto pp, Purwokerto-Yogyakarta pp, Madiun-Surabaya pp, dan lainnya.
Joni menyampaikan, KAI memastikan hanya pelanggan yang benar-benar sesuai ketentuan yang boleh berangkat naik KA pada masa pandemi Covid-19.
“Pada periode 17-19 Desember tersebut terdapat 2.268 pelanggan yang ditolak berangkat, dengan rincian 2.139 pelanggan tidak memiliki hasil antigen negatif, 110 pelanggan yang diatas 12 tahun belum divaksin, 15 pelanggan kondisi sakit, dan 4 pelanggan tidak membawa masker,” ucapnya.
Pemeriksaan akan dilakukan oleh petugas di stasiun. Pelanggan yang tidak menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, tiketnya akan dibatalkan dan tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan.
“KAI terus mengingatkan pelanggan untuk memperhatikan persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah dalam hal perjalanan menggunakan kereta api di masa Natal dan Tahun Baru 2022 ini seperti vaksin bagi pelanggan di usia diatas 12 tahun serta hasil negatif Rapid Test Antigen maupun PCR,” tuturnya.
Editor: Aditya Pratama