Kalahkan Hong Kong, Shanghai Kini Jadi Kota Termahal di Dunia

Djairan ยท Sabtu, 10 April 2021 - 21:05:00 WIB
Kalahkan Hong Kong, Shanghai Kini Jadi Kota Termahal di Dunia
Shanghai kini dinobatkan sebagai kota termahal di dunia. (Foto: AFP)

SHANGHAI, iNews.id - China digadang-gadang akan menjadi negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada 2028. Namun, gelar kota termahal saat ini sudah diraih Shanghai.

Dikutip dari Forbes, Sabtu (10/4/2021), Shanghai berhasil menggeser Hong Kong yang selama ini terkenal dengan tempat bagi crazy rich tinggal. Hong Kong kini berada di posisi ketiga setelah Shanghai dan Tokyo.

Berdasarkan laporan bank asal Swiss Juliar Baer, berbagai indikator menunjukkan harga untuk makan malam, pengacara, hingga penerbangan kelas bisnis di Shanghai paling mahal dibandingkan kota-kota lain.

Namun, tak semua indikator menunjukkan Shanghai menjadi yang termahal. Untuk asuransi kesehatan misalnya relatif murah. Biaya operasi lasik mata termahal ada di London dan biaya penginapan hotel masih dipegang New York.

"Shanghai menjadi kota paling mahal di dunia karena semakin banyak orang-orang kaya yang tinggal di sana," tulis laporan Julius Baer.

Senada, laporan Forbes juga menunjukkan Shanghai menjadi kota miliarder terbesar nomor enam di dunia. Padahal, tahun lalu kota terbesar di China itu menempati urutan 18. Beberapa miliarder baru di Shanghai di antaranya Colin Huang (Pinduoduo) dan Li Ge (Wuxi Biologics).

Knight Frank, lembaga konsultan real estate menyebut, Shanghai tahun ini membuka Hongqiao CBD merupakan pusat bisnis terbesar yang pernah ada di Negeri Tirai Bambu. Tak hanya itu, Shanghai juga berencana membuka 49 pusat perbelanjaan baru dengan luas lebih setiap mal 30.000 meter persegi.

Editor : Rahmat Fiansyah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda