Kembangkan Pariwisata, Arab Saudi Siapkan Dana Abadi Rp56 Triliun

Djairan ยท Senin, 22 Juni 2020 - 15:30 WIB
Kembangkan Pariwisata, Arab Saudi Siapkan Dana Abadi Rp56 Triliun

Suasana kafe di Riyadh, Arab Saudi pada 21 Juni 2020. (Foto: AFP)

DUBAI, iNews.id - Pemerintah Arab Saudi menyiapkan dana abadi untuk pengembangan sektor pariwisata. Dana awal yang disiapkan mencapai 4 miliar dolar AS, setara Rp56 triliun.

Menteri Pariwisata Arab Saudi, Ahmed Al-Khateeb menyebut, pemerintah akan berkolaborasi dengan perbankan untuk menarik investor.

"Peluncuran dana abadi di tengah tekanan di sektor pariwisata yang belum pernah terjadi sebelumnya, menjadi bukti kepercayaan investor dan swasta terhadap prospek jangka panjang pariwisata di Arab Saudi," kata Ahmed, dikutip dari Arab News, Senin (22/6/2020).

Pariwisata menjadi salah satu pilar reformasi ekonomi Arab Saudi. Negeri Timur Tengah itu tengah berupaya mengurangi ketergantungan ekonomi pada minyak. Pada 2030, pariwisata diharapkan menyumbang 10 persen PDB Saudi.

Pada 2019, Arab Saudi untuk pertama kalinya membuka pintu bagi turis asing non haji dan umrah. Negara yang dipimpin Raja Salman tersebut menawarkan kebijakan visa baru yang juga diharapkan bisa menarik minat perusahaan asing membuka kantor di Saudi.

Editor : Rahmat Fiansyah