Kemendag Kaget Produksi Bawang Merah Anjlok tapi Ekspor Naik 3 Kali Lipat

Djairan ยท Kamis, 14 Mei 2020 - 12:39 WIB
Kemendag Kaget Produksi Bawang Merah Anjlok tapi Ekspor Naik 3 Kali Lipat

Bawang merah. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Harga bawang merah saat ini tinggi di pasaran akibat turunnya produksi. Di tengah kondisi tersebut, ribuan ton bawang merah malah diekspor.

Harga bawang merah saat ini berada di atas Rp50.000 per kg, lebih mahal dibandingkan harga normal di kisaran Rp30.000 per kg.

Plt Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kasan Muhri mengatakan, produksi bawang merah anjlok di tengah pandemi Covid-19. Namun, ekspor komoditas itu naik tiga kali lipat sepanjang Januari-Maret 2020.

“Saya agak surprise, bawang merah itu mengalami penurunan di faktor produksi sekitar 30 persen, saya justru mencatat ekspor awal tahun ini naik tiga kali lipat dibanding (periode yang sama) 2019,” ujar Kasan, Kamis (14/5/2020).

Kemendag mencatat volume ekspor pangan selama kuartal I-2020 mengalami kenaikan sebesar 1 persen, yang juga didominasi oleh buah-buahan. Kasan mengatakan, aktivitas ekpor pangan tetap berjalan di tengah wabah, terutama ke Korea Selatan dan Uni Emirat Arab (UEA).

Kasan bercerita, saat pesawat Pemerintah UEA datang mengirimkan bantuan alat kesehatan ke Indonesia pada 28 April lalu, ndonesia menggunaan momen tersebut untuk mengangkut pangan dari dalam negeri.

“Isi kontainernya 40 ton, itu diisi oleh pangan dari Indonesia. Jadi 9 jam sebelum pesawat mereka take off dari Dubai, itu langsung berkomunikasi dengan kita, dan alhamdulillah perusahaan di sini bisa memenuhi permintaan itu,” ujar Kasan.

Editor : Rahmat Fiansyah