Kisah Inspiratif Penjual Mukena Bangun Bisnis hingga Raih Shopee Super Awards 2023
JAKARTA, iNews.id - Shopee kembali menggelar Shopee Super Awards 2023. Ajang penghargaan kepada pihak dan figur ini telah berkontribusi bagi perkembangan ekonomi digital bersama teknologi Shopee dalam satu tahun terakhir, termasuk UMKM lokal.
UMKM lokal dianggap memiliki peranan penting sebagai penggerak roda perekonomian Indonesia. Tak heran, sejumlah kategori di Shopee Super Awards 2023 ditujukan khusus untuk para pelaku UMKM yang telah memberikan dampak positif melalui ekosistem e-commerce Indonesia.
Salah satu UMKM yang sukses menyabet penghargaan di Shopee Super Awards 2023 ini adalah Triana Saptiaji, pemilik UMKM Azella Collections. Triana berhasil menyabet penghargaan di kategori Super Livestreamer UMKM, berkat ketekunannya menggunakan fitur live streaming dan sukses menjual ribuan produk dalam satu hari.
Triana pun berbagi kisah kepada awak media mengenai perjalanannya merintis bisnis mukena onlinenya. Awalnya, pria 43 tahun ini memiliki bisnis konveksi, namun perputaran modalnya dirasa cukup lama karena banyak dari para pelanggannya yang membayar dalam tempo yang cukup lama.
“Saya sudah pakai Shopee dari tahun 2015, tapi waktu itu cuma untuk belanja aja, dan waktu itu saya masih punya bisnis online konveksi. Istri saya bilang, zaman semakin canggih, semakin modern, jadi serba digital, jadi harus bisa melangkah ke depan," ucap Triana.

Selain itu, menurutnya, UMKM kecil cenderung membutuhkan perputaran modal yang cepat. Hal itulah yang mendorongnya untuk membuka Azella Collections di Shopee. "Alhamdulillah, bersyukur banget ambil keputusan itu," tuturnya.
Pandemi Covid-19, menjadi titik balik dalam perjalanan bisnis Triana. Pria kelahiran Tasikmalaya ini, mengandalkan fitur live streaming di Shopee, untuk mengembangkan bisnis mukena. Hasilnya pun cukup mengesankan. Azella Collections berhasil menjual hingga 1.500 produk saat kampanye tanggal kembar berlangsung.
“Namanya era digital, kita sebagai pelaku UMKM mau nggak mau harus belajar biar bisa berkembang. Akhirnya saya pelajari itu fitur-fitur di Shopee termasuk live streaming. Sehari bisa live sampai tujuh sesi. Alhamdulillah bisa tembus ratusan juta dalam sehari waktu 12.12,” ujarnya.
Berkat bisnisnya yang berkembang, Triana berhasil mewujudkan cita-citanya membuka lapangan pekerjaan bagi 100 orang pegawainya. Lebih lanjut, dirinya masih berusaha menuntaskan misinya untuk memberikan dampak positif pada daerahnya dengan mengurangi tingkat pengangguran di Kawalu, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Kisah sukses ini tentunya menjadi inspirasi bagi pelaku UMKM lainnya. Hal tersebut memberikan bukti bahwa pemanfaatan fitur-fitur inovatif di platform e-commerce dapat membawa kesuksesan dan pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Editor: Rizqa Leony Putri