Kisah Sukses Kaesang Pangarep, Punya Banyak Bisnis di Usia Muda
JAKARTA, iNews.id - Kisah sukses Kaesang Pangarep akan diulas dalam artikel ini. Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini dikenal menekuni dunia bisnis daripada politik.
Kaesang diketahui memiliki bisnis beragam dan cukup dikenal masyarakat. Mayoritas bisnis Kaesang bergerak di bidang kuliner.
Tak berhenti di situ, Kaesang juga melebarkan bakat bisnisnya di industri sepak bola Tanah Air. Keberaniannya menekuni bisnis olahraga dimulai ketika dirinya bersama Menteri BUMN Erick Thohir mengakuisisi kepemilikan saham tim sepak bola Liga 1, Persis Solo.
Kaesang menjadi pemegang saham dengan porsi kepemilikan 40 persen. Belakangan ini dia semakin sibuk sebagai Direktur Utama Persis Solo.
Kisah sukses Kaesang Pangarep dimulai, dimana Kaesang mendirikan usaha kuliner pisang nugget dengan nama Sang Pisang. Hadir dengan berbagai rasa, pisang nugget ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.
Sang Pisang kini telah memiliki 73 outlet dan 1.500 karyawan. Tak hanya di dalam negeri, Sang Pisang bahkan membuka outlet di Kuala Lumpur, Malaysia sejak 2019.
Pada tahun 2019, Kaesang mendirikan usaha baru yaitu Yang Ayam. Produk ini menyajikan makanan dari ayam goreng tepung dengan berbagai varian sambal.
Bisnis kuliner Kaesang ini pertama kali dibuka di kawasan Tanjung Duren, Jakarta. Saat ini, yang Ayam telah memiliki tujuh cabang yang ada di Jakarta dan Solo.
Pada tahun yang sama, Kaesang bekerja sama dengan kakanya, Gibran Rakabuming Raka, Chef Arnold Poernomo dan Randy Kartadinata mendirikan Mangkokku. Bisnis kuliner tersebut menjual aneka rice bowl.
Tak hanya makanan khas Indonesia, Kaesang juga memiliki bisnis kuliner yang menjual masakan ala barat. Produk dari Let’s Toast ini diantaranya adalah egg sandwich, french toast, dan lain sebagainya. Kini usahanya tersebut sudah memiliki enam cabang yang tersebar di Jakarta.
Selain Mangkokku, Kaesang dan Gibran juga meliuncurkan produk kuliner Siap Mas yang memiliki dua produk dengan nama‘Kemripik’ dan ‘Ngedrink’. Kemripik merupakan olahan keripik dalam varian rasa, sedangkan Ngedrink adalah minuman kemasan kekinian.
Ciri khas dari Siap Mas adalah adanya karikatur wajah Kaesang dan Gibran di setiap kemasan produk.
Selain itu, pada tahun 2019 Kaesang juga merambah bisnis ke bidang peternakan. Dia mulai terjun ke budidaya ikan lele untuk kemudian dijual ke pemasok di pasar tradisional sejumlah wilayah di Indonesia.
Saat Gibran terjun ke dunia politik dan kini menjadi Wali Kota Solo, Kaesang lah yang saat ini mengurus bisnis sang kakak. Beberapa bisnis itu di antaranya brand minuman tradisional kekinian, Goola; martabak dengan aneka topping, Markobar, hingga bisnis katering, Chili Pari.
Itu tadi ulasan kisah sukses Kaesang Pangarep. Semoga kisahnya menginspirasi Anda.
Editor: Aditya Pratama