Komite Audit Garuda Telusuri Direksi yang Diduga Terlibat Penyelundupan Harley

Ilma De Sabrini ยท Sabtu, 07 Desember 2019 - 13:50 WIB
Komite Audit Garuda Telusuri Direksi yang Diduga Terlibat Penyelundupan Harley

Jajaran Komisaris Garuda Indonesia dan Kementerian BUMN saat jumpa pers soal penyelundupan Harley-Davidson di Jakarta, Sabtu (7/12/2019). (Foto: iNews.id/Ilma De Sabrini)

JAKARTA, iNews.id - Penyelundupan moge Harley-Davidson berbuntut panjang. Aksi ilegal ini diduga tak hanya melibatkan Dirut Garuda Indonesia, Ari Askhara melainkan sejumlah petinggi maskapai pelat merah itu.

Komisaris Utama Garuda Indonesia Sahala Lumban Gaol mengatakan, anggota direksi yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung akan diberhentikan sementara. Keputusan itu tertuang dalam butir 1 (a) kesepakatan dari pertemuan hari ini.

"Komite audit PT Garuda Indonesia Tbk tetap melakukan investigasi lanjutan terhadap kasus sebagaimana dimaksud dalam butir (a)," kata Sahala saat jumpa pers di Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

Sahala tak mengungkapkan siapa saja direktur Garuda yang terlibat dalam penyelundupan Harley plus sepeda Brompton tersebut. Namun, dia menyebut nama-nama tersebut sudah diproses untuk diganti.

Dia mengapresiasi ketegasan Menteri BUMN Erick Thohir melakukan bersih-bersih di tubuh Garuda, termasuk mencopot Ari Askhara. Dewan Komisaris juga bergerak cepat dengan menerbitkan keputusan pemberhentian sementara Ari sebagai Dirut pada 5 Desember 2019.

"Dan pada saat yang sama, dewan komisaris juga telah menerbitkan keputusan untuk mengangkat Plt Dirut PT Garuda Indonesia Saudara Fuad Rizal terhitung tanggal 5 Desember," ucap mantan Komisaris Pertamina itu.

Editor : Rahmat Fiansyah