Konsumsi BBM Meroket Saat Mudik Lebaran, BPH Migas: Pertalite Juaranya

Athika Rahma ยท Rabu, 11 Mei 2022 - 18:11:00 WIB
Konsumsi BBM Meroket Saat Mudik Lebaran,  BPH Migas: Pertalite Juaranya
Ilustrasi Pertalite. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - BPH Migas membeberkan lonjakan pemudik pada lebaran tahun ini membuat konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) meroket. Dari berbagai jenis BBM, Pertalite menjadi juara karena konsumsinya meningkat sifnifikan, yakni hingga 46 persen.

Secara umum konsumsi gasoline meningkat 26 persen pada saat arus mudik lebaran. Sementara untuk gasoil, konsumsinya cenderung mengalami penurunan 13 persen dari kondisi normal.

"Penyaluran tertinggi terjadi pada H-1 Idul Fitri, yaitu pada tanggal 1 Mei 2022 sebesar 36 persen dari penjualan normal," kata Kepala BPH Migas, Erika Retnowati, dalam konferensi pers virtual, Rabu (11/5/2022).

Erika juga menyoroti jenis BBM yang konsumsinya tertinggi. Pertalite, BBM RON 90 milik Pertamina ternyata mengalami lonjakan konsumsi hingga 46 persen pada H-1 lebaran.

Untuk arus balik, kenaikan konsumsi BBMnya tercatat 12 persen, dimana kenaikan tertinggi terjadi pada H+5 lebaran yaitu sebesar 29 persen dari penjualan normal.

"Memang kenaikannya sangat luar biasa. Ini di atas prediksi kemarin kalau nggak salah 11 persen namun ternyata sampai 26 persen pada arus mudik dan 29 persen pada arus balik," tutur Erika.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda