Krisis Penerbangan, Bos British Airways Mengundurkan Diri

Djairan ยท Selasa, 13 Oktober 2020 - 10:59:00 WIB
Krisis Penerbangan, Bos British Airways Mengundurkan Diri
CEO & Chairman British Airways, Alex Cruz mengundurkan diri. (Foto: AFP)

LONDON, iNews.id - CEO & Chairman British Airways, Alex Cruz mengundurkan diri. Keputusan itu diambil sejalan dengan krisis penerbangan akibat pandemi Covid-19 yang terjadi pada maskapai milik International Airlines Group (IAG) asal Britania Raya itu.

"Kami sedang menghadapi krisis terburuk yang dihadapi dalam industri kami, dan saya yakin promosi internal ini akan memastikan IAG berada pada posisi yang tepat untuk muncul dalam posisi yang kuat," ujar CEO IAG, Luis Gallego dilansir CNN, Selasa (13/10/2020).

Gallego berterima kasih kepada Cruz karena telah bekerja tanpa lelah untuk memodernisasi maskapai sejak 2016. Sementara itu, CEO maskapai penerbangan Irlandia Aer Lingus, Sean Doyle akan menjadi chairman dan CEO baru British Airways dengan segera. Doyle telah bekerja di maskapai itu selama dua dekade sebelum memimpin Aer Lingus sejak dua tahun lalu.

Maskapai-maskapai besar di dunia, termasuk British Airways, telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada ribuan karyawan dan memangkas armada di tengah pandemi Covid-19. Perusahaan memperkirakan perjalanan udara internasional tidak akan pulih ke level sebelum pandemi hingga 2024.

Pada April lalu, British Airways memperingatkan maskapai kemungkinan memangkas hingga 12.000 karyawan meski belakangan rencana tersebut dikurangi menjadi sekitar 10.000 karyawan. Selain itu, maskapai telah menghentikan seluruh armada Boeing 747, empat tahun lebih cepat dari rencana awal.


Editor : Rahmat Fiansyah