Kupas Tuntas Proyeksi Pemasaran Berkelanjutan, 3.000 Peserta Hadiri MarkPlus Conference 2024
JAKARTA, iNews.id - The Annual 18th MarkPlus Conference 2024 - Transform Now Think, Feel, Act sukses digelar di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place pada Rabu-Kamis, 6-7 Desember 2023. Sebanyak 3.000 peserta yang meliputi para pemasar, hingga tamu dari berbagai perwakilan negara anggota ASEAN turut hadir dalam gelaran bertemakan “Unstoppable Future” tersebut.
Dibuka dengan ASEAN Marketing Summit, MarkPlus Conference 2024 mengajak para pemasar dan pebisnis untuk bergerak menuju pemasaran yang berkelanjutan di masa mendatang. Melalui upaya ini, diharapkan dunia pemasaran dapat memegang teguh pilar Sustainable Development Goals (SDG’s) melalui penerapan Inner Development Goals (IDG’s).
Pembukaan ASEAN Marketing Summit disambut secara meriah dengan AMF-ASEAN Caucus Declaration oleh ASEAN Caucus Lead Asia Marketing Federation Roger Wang.
“Konferensi ini merupakan momen yang tepat untuk menjalin relasi atau networking. Para peserta bisa saling bertukar pikiran dan saling berkolaborasi,” katanya, Rabu (6/12/2023).
Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi “The Jakarta Declaration of ASEAN 56” oleh Direktur International Indonesia Marketing Association (IMA) Andi Rahim. Melalui deklarasi ini, ASEAN Marketing Caucus berkomitmen untuk mendorong penyelesaian secara damai dalam menghadapi potensi konflik bisnis ASEAN hingga memajukan keunggulan pemasaran yang sejalan dengan prinsip-prinsip sustainability.
Sementara itu, pada gelaran hari kedua, Founder and Chairman MCorp Hermawan Kartajaya membuka acara tahunan yang ditunggu-tunggu oleh marketing enthusiasts ini. Menurutnya, MarkPlus Conference 2024 membawa tema dan konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara yang mengarah ke sustainability ini memiliki banyak makna baru dan kolaborasi.
“Salah satu bentuk kolaborasi yang mengarah kepada sustainability, yaitu pembelian tiket yang kemarin dijual juga merupakan bentuk donasi tanam pohon, kerja sama dengan Human Initiative. Lalu ada, Uniqlo yang memberikan aktivasi booth drop box untuk donasi baju layak pakai, botol plastik untuk di daur ulang, dan lainnya,” ujar Hermawan, Kamis (7/12/2023)
Menurutnya, tanpa kemitraan, masyarakat tidak bisa berbuat apa-apa, termasuk tidak bisa menyelamatkan planet dan manusia.
“Kita tidak bisa menciptakan kesejahteraan jika kita berpikir bahwa kita adalah nomor satu, jika kita berpikir bahwa kitalah yang terbaik. Jadi berkolaborasi ini merupakan dukungan dalam SDGs untuk menyelamatkan planet, manusia, dan menciptakan kesejahteraan dalam masyarakat.” tuturnya.
MarkPlus Conference kembali membawakan Indonesia Marketing Convention kedua dengan menghadirkan lebih dari 36 pembicara dari berbagai perusahaan ternama. Terdapat beragam sesi panel yang terbagi menjadi tujuh ballroom di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place.
Sesi panel tersebut antara lain, yaitu ‘Partner to Prosper bersama ASTRA Financial’, ‘Quality-Cost Synergy bersama Telin, Garuda Indonesia, dan Kereta Commuter Indonesia’, ‘Reimagining Collaboration bersama Pertamina Lubricants, The Ascott Limited, dan Eiger Indonesia’, serta sesi ‘Ingat Sehat Ingat Kimia Farma’ yang juga menyertakan aktivasi booth-nya pada kegiatan MarkPlus Conference 2024 satu hari penuh.

Kemudian, keseruan diskusi panel masih terus berlanjut hingga MarkPlus Conference yang mengupas tuntas mengenai ‘Indonesia Industry Outlook 2024’. Diskusi ini dilangsungkan bersama 10 Ketua Asosiasi dalam Plenary Session, antara lain GAPMMI, APPBI, GIPI, APJII, APRINDO, PERHUMAS, ADUPI, REI, FORUM PEMRED, AISI, APPI, dan IDA.
Dalam diskusi tersebut, panelis mengeluarkan pendapatnya terkait tren konsumen yang saat ini terjadi di berbagai bidang pemasaran, seperti media digital, otomotif, retail, FMCG hingga perbelanjaan. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja mengatakan, industri pusat perbelanjaan saat ini harus cepat beradaptasi terhadap perubahan tren yang terjadi agar dapat terus bertahan.
“Pusat perbelanjaan yang masih ramai saat ini adalah pusat perbelanjaan yang menyediakan fasilitas bagi masyarakat untuk melakukan interaksi sosial. Pusat perbelanjaan harus punya fungsi lain selain shopping, seperti journey atau experience dan ke depannya ini akan menjadi prioritas. Saya kira perubahaan ini yang harus diwaspadai oleh teman-teman pusat perbelanjaan,” katanya.
Sementara itu pada industri sepeda motor, Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) Hari Budianto menjelaskan bahwa meski Indonesia telah membukukan penjualan sepeda motor yang cukup baik sebesar 5,8 juta unit hingga November 2023, industri sepeda motor masih harus waspada terhadap bayang-bayang kenaikan harga bahan baku pada tahun mendatang.
“Tahun 2024 ini akan ada beberapa faktor, seperti inflasi, kemudian geopolitik yang juga dapat memengaruhi pasar ekspor kita, serta ada juga bayang-bayang kenaikan bahan baku,” ujarnya
Tak hanya sesi pemaparan, MarkPlus Conference juga memberikan apresiasi kepada tokoh-tokoh yang mampu membawa dampak positif bagi perusahaan, industri, dan masyarakat.
Penghargaan bergengsi tersebut, antara lain Marketeer of The Year Indonesia dan Entrepreneurial Marketing Award, serta Immortal Marketer Award kepada tokoh yang telah meninggal dunia, namun tetap berjasa untuk perusahaannya.
Selanjutnya, rangkaian The Annual 18th MarkPlus Conference 2024 juga dimeriahkan oleh penampilan dari LSPR, Marlupi Dance Academy, dan peluncuran buku Fandom-Z. Gelaran ini pun resmi ditutup dengan persembahan dari Kratingdaeng, The Closing Night “Special Performance by NOAH”.
Editor: Rizqa Leony Putri