Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Mulai 1 Juni, Tarik Tunai Bank-Bank BUMN via ATM Link Kena Biaya Rp5.000
Advertisement . Scroll to see content

Kurangi Ketergantungan Nasabah pada Kantor Cabang, Bank Mandiri Tingkatkan Layanan Digital dan ATM LINK

Senin, 24 Mei 2021 - 15:32:00 WIB
 Kurangi Ketergantungan Nasabah pada Kantor Cabang, Bank Mandiri Tingkatkan Layanan Digital dan ATM LINK
Ilustrasi layanan nasabah di kantor cabang PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.idBank Mandiri terus meningkatkan layanan digital banking dan ATM Link untuk memperluas akses nasabah pada produk keuangan perseroan, sekaligus mengurangi ketergantungan pada kantor cabang. 

Senior Vice President Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri, Thomas Wahyudi, mengatakan perseroan terus mengembangkan aplikasi Livin’ by Mandiri sebagai layanan digital banking yang akan menjadi super app yang bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan nasabah, baik layanan transaksional maupun non transaksional, hingga produk perusahaan anak dan ekosistem digital.
 
Disamping meningkatkan kemudahan bertransaksi, lanjutnya, optimalisasi layanan Livin diharapkan juga dapat meningkatkan basis nasabah perseroan yang kini mencapai lebih dari 20 juta nasabah.  

Thomas menjelaskan, aplikasi Livin’ by Mandiri didesain untuk memberikan layanan perbankan secara real time, kapan saja dan dimana saja, tanpa dibatasi oleh fisik kantor cabang bank. 

“Hingga April ini, lebih dari 7,1 juta pengguna Livin' teregistrasi telah menikmati salah satu aplikasi dengan jangkauan akses pembayaran terluas, mulai dari layanan pembayaran utilitas (seperti listrik, air, telepon atau TV kabel), pembayaran e-commerce, pendidikan, top up e-wallet, hingga layanan pembayaran pajak ataupun kewajiban rutin lainnya,” kata Thomas di Jakarta, Senin (24/5/2021).

Dia mengungkapkan, tercatat lebih dari 200 juta transaksi finansial dilakukan nasabah dilakukan melalui platform Livin' pada periode Januari-Maret 2021, atau tumbuh 60 persen secara year on year. 

Dari frekuensi tersebut, nominal transaksi yang dibukukan mencapai Rp341 triliun atau naik hampir 50 persen dari capaian pada tiga bulan pertama tahun lalu.

Thomas mengungkapkan, dari berbagai fitur layanan pada aplikasi Livin’ by Mandiri, fitur transfer, baik sesama rekening Mandiri maupun antar bank, fitur top up e money dan fitur pembayaran memang menjadi fitur yang paling banyak diakses nasabah. 

Selain itu, lanjutnya, terdapat fitur pembayaran secara cashless melalui scan QR yang kian diminati masyarakat serta layanan cek saldo dan riwayat transaksi yang bisa dinikmati tanpa dikenakan biaya.

“Dan pada semester kedua ini, kami juga bakal meluncurkan pengembangan terbaru aplikasi Livin’ by Mandiri yang pastinya akan semakin memanjakan nasabah,” kata Thomas.

Di samping aplikasi digital banking, Thomas melanjutkan, pihaknya juga memanfaatkan jaringan ATM Link yang telah tersinergi dengan Himpunan Bank-Bank milik Negara (Himbara) untuk memperluas akses nasabah. Pasalnya, kini telah ada sekitar 45.000 mesin ATM Link tersebar di berbagai penjuru Tanah Air.

“Bersama lebih dari 13.000 ATM Bank Mandiri, kehadiran ATM Link semakin melengkapi layanan berbasis online perseroan dan mengurangi ketergantungan nasabah pada kantor cabang,” kata Thomas. 

Dari sisi layanan, lanjutnya, nasabah bank Himbara termasuk Mandiri dapat melakukan beragam transaksi keuangan di ATM Link mulai dari cash withdrawal atau penarikan tunai, balance inquiry alias cek saldo, transfer antar bank, pembayaran tagihan, pembelian pulsa hingga isi ulang/top up uang elektronik Himbara. 

“Keberadaan ATM Link yang tersebar di berbagai daerah bahkan sampai pelosok desa terpencil tentunya punya peran penting bagi masyarakat mengingat jumlah kantor cabang yang terbatas,” ungkap Thomas. 

Editor: Jeanny Aipassa

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut