Langgar Physical Distancing di Bandara Soetta, Batik Air dan AP II Dihukum

Aditya Pratama ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 21:10 WIB
 Langgar Physical Distancing di Bandara Soetta, Batik Air dan AP II Dihukum

Pesawat Batik Airbus jenis Airbus A330-300. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjatuhkan hukuman terhadap Batik Air dan PT Angkasa Pura II (Persero). Sanksi itu dikenakan karena melanggar aturan jaga jarak (physical distancing) sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 18 tahun 2020.

“Berdasarkan investigasi yang dilakukan oleh inspektur kami, terdapat pelanggaran berkaitan dengan physical distancing yang dilakukan oleh operator angkutan udara dan operator bandar udara,” ujar Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, Selasa (19/5/2020).

Adita menambahkan, Batik Air melanggar pasal 14 poin b mengenai pembatasan jumlah penumpang paling banyak 50 persen dari total kapasitas kursi.

“Kepada operator angkutan udara yang terbukti melanggar, kami memberikan sanksi berupa pembekuan izin di rute-rute penerbangan yang melanggar tersebut,” kata dia

Selain maskapai penerbangan, Kemenhub juga memberikan sanksi kepada operator bandar udara dalam hal ini AP II. Dalam Permenhub 18/2020. operator prasarana transportasi wajib menjamin penerapan protokol kesehatan berupa sterilisasi rutin melalui penyemprotan disinfektan dan physical distancing.

"Hasil investigasi kami menunjukkan bahwa terdapat pelanggaran terhadap penerapan physical distancing oleh operator bandar udara, sehingga kami memberikan surat peringatan agar hal seperti ini dapat diantisipasi dengan baik dan tidak kembali terulang,” ucapnya.

Sebelumnya viral keramaian calon penumpang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Antrean para penumpang saat verifikasi dokumen tersebut dinilai tak mengindahkan physical distancing.

Editor : Rahmat Fiansyah