Lebih Kritis, Mayoritas Milenial dan Gen Z Riset Produk Lewat Internet Sebelum Membeli
JAKARTA, iNews.id - Konsumen Indonesia, terutama yang berusia muda semakin kritis dalam membelanjakan uang. Mereka kerap riset kecil-kecilan lewat internet sebelum membeli produk.
Founder & CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali menilai, 49,6 persen konsumen saat ini mencari informasi produk secara online sebelum membeli. Semakin muda konsumen, angkanya lebih besar.
Porsi generasi Z (lahir 1998-2010) yang mencari produk lewat internet mencapai 56,6 persen. Sementara Generasi Milenial (lahir 1981-1997) yang lebih muda (younger millenial) 61,4 persen dan lebih tua (older millenial) 50,3 persen.
Generasi X (lahir 1964-1981) yang riset produk lebih sedikit dengan rincian yang lebih muda (younger Gen X) 39,3 persen dan lebih tua (older Gen X) 26,9 persen.
"Artinya, konsumen Gen Z dan Milenial jauh lebih kritis dibandingkan konsumen dari Gen X," katanya melalui keterangan tertulis, Minggu (19/1/2020).
Selain itu, kata Hasanuddin, konsumen Indonesia secara umum makin gemar belanja online. Dalam enam bulan terakhir, 6 dari 10 orang belanja secara online. Fakta tersebut terjadi di seluruh generasi, mulai dari Gen Z hingga Gen X.
"Pembelian produk via online selama enam bulan terakhir didominasi oleh Gen Milenial dan Younger Gen X," ucapnya.
Lalu kemana Milenial dan Gen Z membelanjakan uangnya? Hasanuddin mengatakan, konsumen menggunakan 58,8 persen uang untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, porsi belanja untuk telekomunikasi dan leisure mencapai 19,2 persen, mengalahkan porsi menabung dan investasi.
"Fakta tersebut menunjukkan bahwa telekomunikasi dan leisure mulai menjadi kebutuhan pokok baru," kata Hasanuddin.
Editor: Rahmat Fiansyah