Lelang Desain Tuntas, Pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Dimulai 2021

Antara · Minggu, 29 Desember 2019 - 10:25 WIB
Lelang Desain Tuntas, Pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Dimulai 2021

Bandara. (Foto: ilustrasi/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - PT Angkasa Pura II (Persero) telah menuntaskan proses lelang desain terminal empat Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Terminal bandara yang digadang-gadang menjadi yang terbesar di Indonesia itu ditargetkan akan dibangun pada 2021.

Pemenang Lelang desain terminal 4 Bandara Soetta adalah KSO (Kerja Sama Operasi) Karya Bersama Nusantara. Ada tiga perusahaan tergabung dalam KSO tersebut yaitu PT Bina Karya, Yooshin Engineering Corp. dan PT LAPI Divusi.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, setelah desain ditetapkan, maka langkah selanjutnya yaitu perumusan desain antara AP II dan KSO Karya Bersama Nusantara. Desain itu mencakup desain perencanaan teknis, struktur pembiayaan, dan desain penataan keseluruhan operasional terminal.

"Kick off design pembangunan Terminal 4, di mana nantinya pembangunan secara fisik baru akan dilakukan pada 2021 dan tuntas pada awal tahun 2024," kata Awaluddin, Minggu (29/12/2019).

Selain AP II dan KSO Karya Bersama Nusantara, perumusan desain juga melibatkan pihak-pihak terkait, termasuk Kementerian Perhubungan, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), dan Ikatan Ahli Bandar Udara Indonesia (IABI).

Awaluddin menambahkan, desain Terminal 4 Bandara Soetta harus mengakomodasi kebutuhan di masa depan. Perumusan desain nantinya akan memprediksi dengan tepat apa yang dibutuhkan traveler dan industri penerbangan pada 2024, sehingga terminal ini bisa diandalkan dalam meningkatkan konektivitas udara di Tanah Air.

Arah pembangunan terminal ini, kata dia, mengarah pada teknologi yang dengan konsep smart environment, smart mobility, dan smart security. Konsep ini mencakup penggunaan energi baru terbarukan hingga layanan seperti self-check in counter, self baggage drop, mobile check-in, CCTV, dan full body scanner x-ray.

Editor : Rahmat Fiansyah