Libur Panjang Akhir Tahun, AP II Antisipasi Penambahan Slot Penerbangan

Ichsan Amin ยท Minggu, 29 November 2020 - 14:50:00 WIB
Libur Panjang Akhir Tahun, AP II Antisipasi Penambahan Slot Penerbangan
PT Angkasa Pura (Persero) siap mendukung kelancaran operasional selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021. (Foto: AP II)

JAKARTA, iNews.id - PT Angkasa Pura (Persero) atau AP II siap mendukung kelancaran operasional selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021. BUMN kebandarudaraan itu telah mengantisipasi waktu dab penambahan slot penerbangan.

Presiden Direktur AP II, M. Awaluddin mengatakan, perseroan telah berkoordinasi dengan maskapai dan para pemangku kepentingan lain di sektor penerbangan.

"PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara memastikan tiga hal bagi maskapai untuk mengantisipasi apabila ada kebutuhan tambahan saat angkutan Nataru: slot time, extra flight, dan perpanjangan jam operasional bandara sehingga dapat mengakomodir kebutuhan," katanya, Minggu (29/11/2020).

Menurut Awaluddin, ketiga faktor ini penting supaya tidak terjadi penumpukan calon penumpang di bandara. Saat ini, AP II mengelola 19 bandara yang tersebar di Indonesia.

AP II, kata dia, akan melakukan monitoring mulai 18 Desember hingga 4 Januari 2021. SDM, prosedur, protokol, fasilitas, baik fasilitas utama maupun pendukung juga disiapkan.

"Kesiapan aspek facilities dilakukan PT Angkasa Pura II dengan memastikan infrastruktur utama seperti runway, apron, taxiway, rambu-rambu di sisi udara, dan lainnya dapat mendukung penerbangan secara maksimal. Infrastruktur pendukung juga dipastikan siap, seperti misalnya jaringan data, berbagai fasilitas lain di terminal penumpang pesawat," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah