Luhut Pastikan Indonesia Tak Terima Turis Asing hingga Akhir Tahun

Fadel Prayoga ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 14:41 WIB
Luhut Pastikan Indonesia Tak Terima Turis Asing hingga Akhir Tahun

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Sektor pariwisata belum akan pulih pada tahun ini. Pemerintah tidak akan membuka pintu masuk bagi turis asing hingga akhir tahun ini.

"Masalah turis asing, kami sampai akhir tahun belum akan terima. Biar saja kita konsolidasi dulu," kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan saat menghadiri Rakornas Apindo 2020 secara virtual, Kamis (13/8/2020).

Luhut mengatakan, kehadiran wisatawan lokal penting untuk menciptakan rasa aman dan percaya diri untuk kembali berwisata. Dia menargetkan, jumlah wisatawan lokal yang berwisata meningkat.

“Sektor pariwisata ini, kami mau turis domestik itu 70 persen,” ujarnya.

Dia menilai, wisatawan lokal cukup potensial karena banyak kalangan menengah ke atas yang tidak membelanjakan uangnya selama pandemi. Dalam situasi normal, biasanya mereka melakukan perjalanan umrah hingga berpergian ke luar negeri.

"Duit di kita cukup banyak karena yang umrah kan tidak ada. Lalu orang yang biasa berobat di Singapura dan Malaysia, kan tidak berobat. Kalau kita hitung bisa puluhan triliun, atau miliar dolar AS," kata Luhut.

Editor : Rahmat Fiansyah