Luhut Sebut Banyak Investor Asing Tertarik Proyek Jalan Tol

Rina Anggraeni ยท Rabu, 09 September 2020 - 20:58 WIB
Luhut Sebut Banyak Investor Asing Tertarik Proyek Jalan Tol

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah gencar mendorong pembangunan jalan tol di berbagai daerah di Indonesia. Program ini menarik minat banyak investor, termasuk dari luar negeri.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan menyebut, banyak investor yang tertarik menanamkan modalnya lewat sovereign wealth fund (SWF) yang dibuat pemerintah.

"Apalagi kami melihat Omnibus Law akan selesai, maka sovereign wealth fund akan jalan. Itu nanti asing akan banyak dan mungkin masuk ke jalan tol ini," ujarnya, Rabu (9/9/2020).

Luhut mendorong setiap studi kelayakan (feasibility study) proyek jalan tol dibuat sebaik dan seakurat mungkin. Studi ini, menurut dia, menjadi panduan utama bagi investor untuk berinvestasi.

"Saya ingin berikan pesan soal feasibility study, termasuk pengecekan asumsi yang digunakan. Kita lihat masih ada asumsi pembangunan yang kurang pas, maka harus hati-hati, sehingga rencana investasi bisa berjalan dengan baik," tuturnya.

Selain studi, kata Luhut, tahap awal proyek seperti detail engineering design (DED) juga harus baik dan profesional. "Maka ini penting hitungannya harus profesional. Desain dan kualitas pekerjaanya juga harus baik," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah