Malaysia Airlines Jadi Rebutan Prancis hingga Jepang

Rahmat Fiansyah ยท Selasa, 21 Januari 2020 - 14:38 WIB
Malaysia Airlines Jadi Rebutan Prancis hingga Jepang

Pesawat Malaysia Airlines. (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Pemerintah Malaysia menerima proposal kerja sama strategis untuk Malaysia Airlines dari sejumlah negara. Maskapai-maskapai itu di antaranya Air France-KLM dan Japan Airlines.

Dikutip dari Reuters, Selasa (21/1/2020), France-KLM ingin menguasai 49 persen saham Malaysia Airlines sementara Japan Airlines membidik 25 persen saham maskapai milik pemerintah Malaysia itu.

Selain maskapai asing, proposal juga datang dari maskapai domestik seperti AirAsia dan Malindo Air, anak usaha Lion Air Group di Malaysia.

"Tawaran maskapai asing lebih komprehensif dan strategis karena keduanya berjanji untuk mengkapitalisasi posisi strategis Malaysia sebagai area operasi mereka," kata sumber Reuters.

Sumber yang sama menyebut, Air-France KLM menawarkan Malaysia sebagai hub bagi jasa bengkel pesawat (maintenance, repair, and overhaul/MRO) sementara Japan Airlines ingin menjadikan Malaysia sebagai regional hub, termasuk pusat penerbangan murah (low-cost flights).

Pemerintah Malaysia tengah mencari mitra strategis untuk Malaysia Airlines yang tengah berjuang untuk bangkit setelah ditimpa dua tragedi besar, yaitu hilangnya pesawat MH370 secara misterius dan pesawat MH17 yang jatuh tertembak di Ukraina.

Sebelumnya Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengaku telah menerima lima proposal terkait Malaysia Airlines. Namun, dia enggan mengungkapkan nama kelima maskapai tersebut.

Editor : Rahmat Fiansyah