Maskapai Cathay Pacific Tawarkan Pensiun Dini untuk Pilot Tua

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 15:50 WIB
Maskapai Cathay Pacific Tawarkan Pensiun Dini untuk Pilot Tua

Pesawat Cathay Pacific. (Foto: AFP)

HONG KONG, iNews.id - Cathay Pacific Airways akan menawarkan opsi pensiun dini bagi pilot yang mendekati usia pensiun. Langkah itu untuk mengurangi beban maskapai yang terdampak pandemi Covid-19.

Dilaporkan Reuters, Sabtu (1/8/2020), opsi pensiun dini tersebut ditawarkan kepada pilot Cathay Pacific berusia 50-55 tahun. Selama ini, usia pensiun terbagi dua, yaitu 55 tahun dan 65 tahun. Sementara pilot Cathay Dragon, berusia 58 tahun boleh mengajukan pensiun dini.

Maskapai yang bermarkas di Bandara Internasional Hong Kong itu sebelumnya telah melakukan efisiensi, mulai dari jangka pendek hingga jangka panjang. Selain pensiun dini, opsi jangka pendek yang telah dilakukan yaitu memotong gaji manajemen.

"Keputusan (pensiun dini) dibuat setelah pertimbangan matang dan itu cukup efektif menekan biaya," kata Juru Bicara Cathay Pacific.

Dalam skema pensiun dini, maskapai akan membayar gaji pokok pilot tiga bulan setiap tahun hingga masuk masa pensiun. Selain gaji pokok, mereka juga memperoleh tunjangan hingga 12 bulan selama transisi ke usia pensiun.

Pada bulan lalu, Cathay Pacific memperkirakan keuangan perusahaan akan rugi 1,28 miliar dolar AS untuk periode Januari-Juni 2020.

Editor : Rahmat Fiansyah