Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Penumpang WNA Whoosh Tembus 335.681 hingga Oktober 2025, Didominasi Warga Malaysia
Advertisement . Scroll to see content

Melihat Megahnya Stasiun Kereta Cepat Tegalluar yang Mirip Terminal 3 Bandara Soetta

Kamis, 18 Mei 2023 - 07:43:00 WIB
Melihat Megahnya Stasiun Kereta Cepat Tegalluar yang Mirip Terminal 3 Bandara Soetta
Stasiun Kereta Cepat Tegalluar di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menjadi stasiun awal dan akhir perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung selain Stasiun Halim. (Foto: Armydian Kurniawan/MPI)
Advertisement . Scroll to see content

BANDUNG, iNews.id - Stasiun Kereta Cepat Tegalluar di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menjadi stasiun awal dan akhir perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) selain Stasiun Halim di Jakarta Timur. Progres pembangunan stasiun dengan luas sekitar 16.000 meter persegi ini telah mencapai 97 persen.

Pantauan iNews.id, Rabu (17/5/2023), Stasiun Tegalluar terdiri atas tiga lantai. Bangunan stasiun didominasi warna putih baik luar dan dalam. Selain tembok, sebagian fasad dan sekeliling bangunan dihiasi kaca.

Menjelang operasional proyek strategis nasional (PSN) tersebut, tampak para pekerja menyelesaikan bagian-bagian akhir di dalam dan luar bangunan seperti pemasangan lampu serta panel-panel. Beberapa alat berat beroperasi di luar gedung untuk mendukung pengerjaan sentuhan akhir.

Stasiun Kereta Cepat Tegalluar di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menjadi stasiun awal dan akhir perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung selain Stasiun Halim. (Foto: Armydian Kurniawan/MPI)
Stasiun Kereta Cepat Tegalluar di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menjadi stasiun awal dan akhir perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung selain Stasiun Halim. (Foto: Armydian Kurniawan/MPI)

Meski berbeda bentuk, konsep eksterior dan interior bangunan Stasiun Tegalluar mirip desain Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Terlebih, nantinya, seluruh area baik di lantai 1, 2 maupun 3 akan diramaikan berbagai tenant seperti kafe, restoran, toko lifestyle dan counter-counter perbelanjaan lainnya.

"Memang akan ada area komersial di setiap lantai," ujar Corporate Communication Manager PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Emir Monti.

Fungsi utama lantai 1 merupakan pelayanan ticketing dan check in. Pintu masuk utama stasiun terletak di tengah gedung sisi selatan.

Kemudian, calon penumpang naik ke lantai 2 yang fungsi utamanya adalah ruang tunggu dan akses boarding. Para pengantar hanya bisa mengakses hingga lantai 2.

Setelah melewati area boarding dan pemeriksaan, para calon penumpang diarahkan ke ruang tunggu di lantai 3. Mereka akan turun ke area peron di lantai 1 bagian dalam melalui eskalator atau lift mendekati jadwal keberangkatan.

Tampak peron Stasiun Kereta Cepat Tegalluar. (Foto: Armydian Kurniawan/MPI)
Tampak peron Stasiun Kereta Cepat Tegalluar. (Foto: Armydian Kurniawan/MPI)

Adapun, setiap rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung berkapasitas 601 penumpang. Terdapat tiga kelas penumpang, yaitu first class, business class, dan premium economy class

Terlihat ada tiga rangkaian KCJB yang terparkir di jalur 2 dan 3 Stasiun Tegalluar. Semua diselubungi ketat dengan kain khusus dan tali sehingga wujud fisiknya tidak kelihatan. 

Dari pengamatan di lokasi, akses jalan menuju Stasiun Tegalluar dari Tol Padaleunyi ada di KM 149 Gedebage atau bagian utara stasiun. Sedangkan, dari jalan arteri via jembatan Cibiru yang langsung menuju pintu utama di bagian selatan stasiun.

Editor: Aditya Pratama

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut