Mendag Dukung UMKM untuk Ekspor

Aditya Pratama ยท Senin, 29 Juni 2020 - 22:20 WIB
Mendag Dukung UMKM untuk Ekspor

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto mengatakan, peluang ekspor tetap terbuka di tengah pandemi Covid-19. Dia siap mendukung pelaku UMKM untuk merambah ekspor.

Mendag mengatakan, pemerintah memiliki atase perdagangan di setiap negara. Perannya bisa membantu pelaku UMKM untuk mengetahui standarisasi kualitas produk masing-masing negara yang hendak dijadikan tujuan ekspor.

"Kemendag semua punya segala informasi tersebut dan kita dukung, memang tujuannya adalah saat ini semua UMKM kita support baik dari sisi teknis, permodalan hingga Rp50 juta tanpa jaminan, juga kita manfaatkan informasinya untuk kita pasarkan ke seluruh atase perdagangan," ujar Agus dalam acara Kata Sandi bersama Sandiaga Uno di iNews TV, Senin (29/6/2020).

Selain itu kata Mendag, pemerintah juga mendorong pelaku UMKM memanfaatkan platform digital. Langkah ini dinilai penting karena cakupan penjualan menjadi lebih luas.

"Karena online ini banyak dulu yang produk luar negeri sekarang kita batasi dengan tarif sehingga produk kita memiliki posisi di dalam negeri," kata dia.

Direktur Bisnis Mikro Bank BRI, Supari mengatakan, Bank BRI siap mendorong UMKM untuk bisa ekspor. Bank pelat merah itu memiliki tim yang bisa mendampingi pelaku UMKM merambah mancanegara.

"Kita punya tim yang mendampingi mereka, sampai kita kurasi sampai kita pertemukan dengan pembeli dari luar negeri, nanti Desember kami akan bikin event baik konvensional maupun gradual untuk mempertemukan pelaku UMKM dengan pembeli dari luar negeri, kami punya event Brilian Preneur itulah ajangnya UMKM," ucap Supari.

Editor : Rahmat Fiansyah