Mengenal Jogi Hendra Atmadja, Pemilik Mayora Group yang Berawal dari Bisnis Biskuit Rumahan
JAKARTA, iNews,id - Nama Jogi Hendra Atmadja memang kurang familiar bagi masyarakat Indonesia, meskipun masuk dalam jajaran miliarder tanah air. Tapi perusahaan miliknya dan berbagai produk yang dihasilkan sangat dikenal luas masyarakat Indonesia bahkan mancanegara.
Jogi Hendra Atmadja adalah pendiri dan pemilik Mayora Group, perusahaan yang terkenal sebagai produsen biskuit Roma, permen Kopiko, hingga minuman Teh Pucuk.
Bahkan permen Kopiko telah diekspor sampai ke 90 negara dan menjadi kegemaran beberapa tokoh terkenal dunia, seperti Elon Musk. Orang terkaya nomor satu di dunia itu bahkan pernah mengunggah permen Kopiko di akun media sosialnya dan menjadi trending
Berdasarkan data Forbes pada Desember 2021, Jogi Hendra Armadja berada dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia yang menduduki peringkat ke-9 dengan total kekayaan mencapai 4,1 miliar dolar AS atau setara dengan Rp58,85 triliun.
Perjalanan bisnis Jogi Hendra Atmadja terbilang unik. Pria kelahiran Jakarta pada tahun 1946 itu, sebenarnya merupakan lulusan fakultas kedokteran dari Universitas Trisakti.
Setelah tamat dari fakultas kedokteran, Jogi Hendra Atmadja justru memilih terjun ke dunia bisnis, yakni mengembangkan bisnis biskuit rumahan milik orang tuanya.
Bersama dua temannya, yaitu Raden Soedigdo dan Darmawan Kurnia, Jogi Hendra Atmadja memutuskan untuk membangun bisnis bersama dengan mendirikan PT Mayora Indah pada 17 Februari 1977.
Melansir dari mayoraindah.co.id, PT Mayora Indah yang kemudian berkembang menjadi Mayora Group, memiliki lokasi pabrik pertama di Tangerang, Banten. Sejak awal berdirinya, Jogi sebagai pendiri dan pemilik perusahaan menduduki posisi komisaris utama PT Mayora Indah.
Ternyata dari produk biskuit Roma yang diluncurkan Mayora, bisnis yang dilakoni Jogi Hendra Atmadja dan dua temannya berkembang pesat dan menjadi produk kesukaan masyarakat Indonesia. Biskuit Roma bahkan mampu menyaingi produk Kong Guan.
Dengan ketekunan dan semangat yang dimiliki, PT Mayora Indah juga berhasil membuat produk-produk unggulan lainnya, sepertu permen Kopiko, kopi Torabika, hingga minuman Le Minerale dan Teh Pucuk yang dikenal luas dan digemari masyarakat Indonesia. Bahkan produk Le Minerale mampu menyaingi brand Aqua, dan Teh Pucuk kini menjadi pesaing utama brand Teh Botol.
Berkat kepiawaiannya dalam mengelola bisnis, Jogi Hendra Atmadja tak hanya menjadi komisaris utama di PT Mayora Indah, tetapi juga di tiga perusahaan lainnya, yakni PT Torabika Eka Semesta, PT Kakao Mas Gemilang, dan PT Tunita Branindo.
Editor: Jeanny Aipassa