Menko Airlangga Harap Inkubasi Wirausaha UMKM UMJ Lahirkan Pelaku Usaha Baru

Iqbal Dwi Purnama ยท Rabu, 15 September 2021 - 12:35:00 WIB
Menko Airlangga Harap Inkubasi Wirausaha UMKM UMJ Lahirkan Pelaku Usaha Baru
Menko Perekonomian Airlangga meresmikan gedung Inkubasi Wirausaha UMKM Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Rabu (15/9/2021). Foto: Iqbal DP

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan gedung Inkubasi Wirausaha UMKM Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Rabu (15/9/2021). 

Airlangga mengatakan, inkubasi atau inkubator bisnis merupakan proses dukungan bisnis yang dapat mempercepat keberhasilan pengembangan startup atau perusahaan pemula dengan menyediakan berbagai sumber daya dan layanan yang diperlukan. Dia berharap inkubasi ini dapat melahirkan wirausaha-wirausaha baru dengan membawa gagasan untuk memacu akselerasi ekonomi.

"Inkubasi ini adalah wadah untuk menetaskan wirausaha baru. Ini diperlukan untuk open idea atau ide terbuka yang dikerjakan secara kelompok ini perlu diberikan akses kepada para mentor. Jadi biarkan mereka beride membuat gagasan, kemudian diberikan mentoring. Kalau ini berhasil, maka akan menetas wirausaha-wirausaha baru," kata dia, Rabu (15/9/2021). 

Menurutnya, hal ini sangat dekat dengan prinsipal bisnis yang tengah dikembangkan oleh pemerintah untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional. Inkubator bisnis akan memberikan program kepada pengusaha pemula untuk mempercepat keberhasilan pengembangan bisnis dengan sejumlah rangkaian program permodalan yang didukung kemitraan atau pembinaan elemen bisnis lainnya.

"Tujuannya menjadikan usaha tersebut menjadi perusahaan yang profitable, memiliki pengelolaan organisasi dan keuangan yang benar, serta menjadi perusahaan yang berkelanjutan hingga akhirnya memiliki dampak positif bagi masyarakat," ujar Airlangga.

Editor : Jujuk Ernawati