Menko Airlangga: PPKM Mikro Sukses Kendalikan Penyebaran Covid-19

Rina Anggraeni ยท Selasa, 30 Maret 2021 - 10:10:00 WIB
Menko Airlangga: PPKM Mikro Sukses Kendalikan Penyebaran Covid-19
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Kemenko Perekonomian).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menyebut penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia berjalan dengan baik. Kondisi tersebut merupakan dampak kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

"Penangananan pandemi kita cukup baik dimana angka kesembuhan tingkat kematian membaik secara global," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menjadi pembicara dalam Seminar "Transformasi Ekonomi: Optimalisasi UU Cipta Kerja sebagai Strategi Utama Akselerasi Investasi Indonesia" di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta secara virtual, Selasa (30/3/2021).

Berdasarkan data Satgas Covid-19 pada Senin (29/3/2021), ada tambahan 5.008 kasus aktif baru. Angka ini turun dibandingkan pada Januari 2021 saat kasus harian mencapai 13.000, bahkan sempat menyentuh 15.000.

“Penurunan kurva kasus aktif nasional, baik secara jumlah maupun persentasenya, dan peningkatan tingkat kesembuhan merupakan pengaruh positif dari pelaksanaan PPKM Mikro dalam sepuluh pekan,” tuturnya.

Selain PPKM, kata Airlangga, program vaksinasi Covid-19 yang tengah dijalankan juga berdampak pada penurunan kasus aktif Covid-19. Oleh sebab itu, pemerintah akan terus menggencarkan vaksinasi ke seluruh lapisan masyarakat.

"Pemerintah mengakselarasi vaksinasi untuk memulihkan  kepercayaan publik," ucap Ketua Komiten Penangangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) itu.

Editor : Rahmat Fiansyah