Menko Luhut Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV-2021 di Atas 5 Persen

Azfar Muhammad ยท Senin, 08 November 2021 - 17:14:00 WIB
Menko Luhut Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV-2021 di Atas 5 Persen
Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi (Marinvest), Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: okezone)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2021. Dia pun memproyeksikan pertumbuhan ekonomi dapat lebih tinggi dari Kuartal II dari angka 5 persen pada kuartal IV-2021. 

“Realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III sebesar 3,5 persen, lebih tinggi dari perkiraan awal kami sebelum PPKM diterapkan. Kami memperkirakan pemulihan ekonomi ini baru sepenuhnya akan terlihat pada kuartal IV, sehingga pertumbuhan ekonomi dapat lebih tinggi dari 5 persen pada kuartal IV nanti.“ ujar Luhut dalam konferensi Pers PPKM, Senin (8/11/2021). 

Luhut menambahkan, penerapan PPKM di Jawa-Bali berdampak terhadap penurunan konsumsi rumah tangga, investasi, dan industri pengolahan lebih rendah dan cepat. 

“Belajar pada pengalaman sebelumnya kenaikan kasus akibat periode Nataru tahun lalu menyebabkan tingkat keyakinan konsumen menurun dan pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021 tertahan” kata dia.

Dengan demikian, Luhut menyebutkan keberhasilan menurunkan kasus dengan cepat dan pembukaan yang dilakukan secara bertahap mampu menahan perlambatan perekonomian. 

“Untuk itu kehati-hatian dalam menghadapi Nataru harus menjadi prioritas bagi pemulihan ekonomi yang lebih cepat dan harus terus dijaga,” ucapnya.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel: