Menyusul El Salvador, Negara Ini Akan Gunakan Kripto sebagai Alat Pembayaran

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 29 Agustus 2021 - 09:20:00 WIB
Menyusul El Salvador, Negara Ini Akan Gunakan Kripto sebagai Alat Pembayaran
Negara Ini menyusul El Salvador, akan menggunakan kripto sebagai alat pembayaran

HAVANA, iNews.id - Pemerintah Kuba akan mengakui dan mengatur mata uang kripto sebagai alat pembayaran di negara tersebut. 

Sebuah resolusi yang diterbitkan dalam Official Gazette menyatakan, Bank Sentral Kuba akan menetapkan aturan untuk mata uang kripto dan menentukan bagaimana melisensikan penyedia layanan terkait di sana.

Hal ini seiring dengan El Salvador yang siap menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran sahn di negara itu bersama dengan dolar saat regulasi kripto berlaku pada 7 September 2021 mendatang. Penggunaan kripto dianggap sebagai cara untuk mendorong pengiriman uang dari warganya yang tinggal di luar negeri. 

Dikutip dari Euronews, resolusi Kuba yang akan mulai berlaku pada 15 September mendatang, mengatur penggunaan aset virtual tertentu dalam transaksi komersial, serta lisensi penyedia layanan ini dalam operasi yang terkait dengan aktivitas keuangan, pertukaran dan pengumpulan atau pembayaran di atau dari wilayah Kuba.

Popularitas mata uang kripto telah tumbuh pesat di antara kelompok yang paham teknologi di Kuba karena semakin sulit menggunakan dolar, sebagian karena diperketatnya aturan embargo, yang diberlakukan di bawah kepemimpinan Donald Trump.

Sementara itu, ahli uang kripto Erich Garcia mengatakan, beberapa orang Kuba sudah menggunakan Bitcoin. Menurut perkiraan tidak resmi, sekitar 10.000 orang Kuba menggunakan Bitcoin. Mereka menjadikannya sebagai salah satu uang kripto yang paling banyak digunakan di negara ini.

Mei lalu, Presiden Miguel Diaz-Canel mengatakan, pemerintahnya sedang menganalisis kelayakan penggunaan uang kripto dalam operasi ekonomi negara tersebut, yang Produk Domestik Brutp (PDB)-nya anjlok 11 persen pada 2020 karena pengetatan embargo AS dan dampak pandemi Covid-19.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: