Migo Tutup Putaran Investasi Seri C 20 Juta Dolar AS, Dipimpin Investor Strategis MNC Group
JAKARTA, iNews.id – Perusahaan teknologi inovatif Migo dan cabang media MNC Group MNC Vision Networks (MVN) telah menyelesaikan penutupan pertama putaran investasi Seri C Migo senilai 20 juta dolar AS. Beberapa investor strategis dan keuangan tambahan lainnya juga diharapkan bergabung di penutupan kedua dalam beberapa bulan mendatang.
Setelah membentuk Joint Venture (JV) dengan anak perusahaan Migo di Indonesia pada 2021, investasi terbaru MNC memperluas kerja sama tersebut dengan mengambil saham strategis dalam bisnis global Migo. Dengan menjadi investor utama putaran investasi ini, MNC memastikan Migo Global memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk memperluas bisnis di Indonesia secara signifikan dan juga memastikan kombinasi konten-konten dari MNC yang luar biasa dan kemampuan distribusi Migo ke pasar luas adalah kombinasi yang kuat untuk konsumen di negara-negara berkembang, yang saat ini susah mendapatkan akses hiburan digital on-demand.
Delapan belas bulan sejak kesepakatan pertama, kemitraan MNC dan Migo di Indonesia telah mengembangkan jangkauan jaringan Migo hingga mencapai 30 juta orang, dengan lebih dari 2 juta pelanggan yang berhasil mendapatkan akses ke konten digital on-demand yang sebelumnya mahal dan sulit diakses melalui jaringan telekomunikasi tradisional, termasuk lebih dari 1 juta pelanggan berbayar.
Teknologi distribusi data Migo yang unik di dunia mampu mengirimkan data kepada konsumen dengan biaya kurang dari 1 persen dari biaya jaringan seluler biasa. Hal ini memungkinan pelanggan Migo untuk mengunduh data gratis tanpa batas dengan supercepat, di mana sebuah film berdurasi panjang dapat diunduh ke perangkat mereka dalam waktu kurang dari 60 detik.
Kerja sama strategis ini memungkinkan Migo untuk menawarkan konten terbaru dan terbaik yang tersedia di Indonesia kepada konsumen mana pun yang memiliki smartphone. Sementara kolaborasi marketing yang mendalam telah berhasil membawa jutaan pengguna ke ekosistem digital on-demand yang sebelumnya hanya terbatas pada segmen populasi teratas saja.
Migo dan MVN akan mendedikasikan sumber daya dari putaran ini untuk memperluas jaringan Migo dan mencakup setengah dari populasi Indonesia, memperdalam tumpukan teknologi Migo dan meluncurkan layanan Migo di negara lain di luar Indonesia.
Migo akan fokus pada pengembangan teknologi baru untuk transfer konten langsung dengan aman, di mana teknologi tersebut akan mengubah setiap perangkat pelanggan menjadi bagian dari jaringan berkecepatan tinggi, yang secara efektif memperluas jangkauan Migo ke mana pun pengguna Migo pergi. Fitur baru ini memungkinkan pelanggan untuk mentransfer konten secara langsung antar perangkat hanya dalam 30 detik, sama sekali tanpa koneksi ke jaringan eksternal apa pun.
Dan Connor, CEO Migo Indonesia mengatakan, konten MNC memiliki daya tarik yang sangat kuat di mata para pengguna Migo dan menjadi kontributor penonton terbesar di antara mitra-mitra Migo lainnya. Konsumen yang sebelumnya hanya mempunyai sedikit kemampuan untuk mengakses konten digital on-demand, sekarang dapat menikmati konten MNC dengan rating tertinggi tanpa bergantung pada koneksi data tradisional yang mahal, lambat, dan tidak dapat diandalkan.
"Kami sudah mempunyai kolaborasi yang bermanfaat dengan MNC sejauh ini dan kami sangat bersemangat untuk memperluas kemitraan itu dengan investasi ini,” kata dia.
Selain itu, Hary Tanoesoedibjo, selaku Chairman MNC Group juga mengatakan, “Sejak tahu tentang Migo, saya selalu berpikir mereka memiliki konsep yang sangat menarik. Saya memahami keuntungan unik dari platform distribusi mereka, yaitu mengirimkan data, lebih murah, lebih cepat, dan tanpa masalah internet yang biasa terjadi.
"Delapan belas bulan sejak memulai kolaborasi strategis kami, pandangan kami tidak berubah, bahwa Migo diposisikan secara unik untuk mendigitalkan pemirsa TV tradisional. Investasi ini dibangun di atas pertumbuhan Bersama yang kami miliki di Indonesia dan mempercepat jalan kami menuju kesuksesan yang lebih besar lagi,” imbuh Hary.
Persetujuan hari ini menandai fase baru dalam kolaborasi antara ke dua perusahaan ini dan menunjukkan komitmen mereka bersama untuk memastikan bahwa setiap orang Indonesia dan semua orang di negara-negara berkembang dapat mengakses konten digital terbaik, tanpa disulitkan dengan koneksi internet saat ini.
Untuk menikmati konten MNC dan Vision+ terbaik yang tersedia di Migo, silakan unduh aplikasi Migo di Google Play Store atau kunjungi tautan ini(Hyperlink: https://link.migo.io/download-migo).
Editor: Jujuk Ernawati