Miliarder Kakak Beradik Ini Bangun Masjid Megah di Inggris Rp86 Miliar

Djairan ยท Minggu, 21 Maret 2021 - 12:15:00 WIB
Miliarder Kakak Beradik Ini Bangun Masjid Megah di Inggris Rp86 Miliar
Desain masjid di Blackburn yang dibangun Mohsin dan Zuber Issa. (Foto: Daily Mail)

BLACKBURN, iNews.id - Mohsin dan Zuber Issa merupakan dua miliarder asal Inggris. Kakak beradik tersebut membangun masjid di Blackburn, Inggris senilai 5 juta poundsterling atau sekitar Rp86 miliar.

Dikutip dari Daily Mail, Minggu (21/3/2021), pembangunan rumah ibadah bagi umat Islam itu telah disetujui oleh Dewan Kota Blackburn. Issa Foundation berjanji mengatasi berbagai isu seputar pembangunan mulai dari tinggi bangunan hingga isu suara masjid.

Mohsin dan Zuber mengatakan, kehadiran masjid tersebut untuk mempromosikan keragaman budaya sehingga diharapkan bisa timbul rasa saling menghormati dan memahami di Inggris.

"Issa Foundation senang telah mengajukan rencana untuk membangun tempat ibadah baru sekaligus menjadi pusat komunitas bagi masyarakat Blackburn," katanya.

Rencana pembangunan tower masjid setinggi 29 meter sempat menjadi isu publik. Manajer perencanaan, Gavin Prescott menilai, tower yang menjulang tinggi tersebut merupakan ciri khas arsitektur Islam.

Prescott mengatakan, suara yang ditimbulkan lewat tower masjid akan dibatasi, termasuk pengeras suara untuk azan. Begitu juga dengan pohon-pohon di Jalan Baru Preston di sekitar tower akan tetap dilindungi dari potensi kerusakan.

Miliarder kakak beradik tersebut baru-baru ini menarik perhatian publik setelah mengakuisisi supermarket Asda senilai 6,8 miliar pounds. Akuisisi itu cukup ikonik karena untuk setelah lebih dari 20 tahun terakhir dikuasai Walmart (AS), supermarket itu kini berada dalam genggaman orang Inggris.

Editor : Rahmat Fiansyah