Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : KPK Cecar Ridwan Kamil soal LHKPN hingga Penghasilan saat Jadi Gubernur Jabar
Advertisement . Scroll to see content

MNC Digital Entertainment (MSIN) Cetak Pendapatan Rp824 Miliar di Kuartal I 2023

Selasa, 02 Mei 2023 - 19:56:00 WIB
 MNC Digital Entertainment (MSIN) Cetak Pendapatan Rp824 Miliar di Kuartal I 2023
Ilustrasi MNC Digital Entertaintment (MSIN). (Foto: Ilustrasi/Dok. MNC Media)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN), anak perusahaan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), mencetak pendapatan sebesar Rp824 miliar di kuartal I 2023.

Pendapatan tersebut turun 11 persen dibandingkan periode sama tahun lalu (YoY). Namun Secara kuartal ke kuartal (QoQ), pendapatan MSIN di kuartal I 2023 meningkat sebesar 36 persen dibandingkan kuartal IV 2022. Hal ini, mencerminkan keadaan industri yang mulai membaik dari dampak ASO.

Manajemen MSIN dalam keterangan resmi, Selasa (2/5/2023), menyampaikan penurunan pendapatan perseroan karena berkurangnya konten yang diproduksi untuk TV FTA milik MNCN yang merupakan dampak dari penerapan analog switch off (ASO) di Area Jabodetabek. 

Hal ini telah menyebabkan FTA TV MNCN mengubah lini programnya dan menayangkan program yang diproduksi secara independen seperti variety show, game show, dan lain-lain. Ini juga diduga sebagai pergeseran sementara, dengan kembali normalnya belanja iklan maka permintaan untuk konten MSIN diperkirakan akan meningkat.

Pendapatan konten & IP tercatat sebesar Rp468 miliar turun 22 persen YoY, lagi-lagi hal ini sangat dipengaruhi oleh permintaan konten yang berkurang dari TV FTA MNCN yang disebabkan oleh ASO, oleh karena itu kuantitas konten yang dihasilkan lebih rendah. Namun, pendapatan konten & IP meningkat sebesar 17 persen secara QoQ dari sebelumnya sebesar Rp401 miliar.

Iklan digital tumbuh 4 persen YoY menjadi Rp385 miliar, ini terutama didorong oleh eksekusi yang tepat dari semua platform digital perseroan, penghasilan iklan yang luar biasa di semua saluran media sosial MSIN, serta pencapaian pendapatan yang kuat dari jaringan MCN Perseroan. Perkembangan positif ini menunjukkan posisi yang menjanjikan bagi MSIN untuk terus memanfaatkan peluang yang berkembang untuk pasar digital di Indonesia. 

Untuk pendapatan berlangganan pada kuartal I 2023 tetap di level yang sama, yaitu Rp124 miliar. Meski demikian pendapatan berlangganan meningkat 17 persen secara QoQ dari Rp106 miliar pada kuartal IV 2022.

Sementara itu, beban langsung MSIN turun 12 persen (YoY) menjadi Rp519 miliar. Ada dua komponen yang memengaruhi penurunan tersebut. Pertama sebagian besar karena berkurangnya permintaan konten dari TV FTA MNCN, yang pada akhirnya mengurangi produksi konten perseroan. Kedua, dari peningkatan dalam efisiensi pada kegiatan produksi, melalui beberapa serial drama yang sudah mulai di produksi di Movieland.

Sedangkan EBITDA perseroan turun 11 persen YoY menjadi Rp222 miliar, mewakili margin EBITDA sebesar 27 persen. MSIN membukukan laba bersih sebesar Rp109 miliar untuk kuartal I 2023, turun 23 persen YoY dibandingkan tahun lalu, ini disebabkan oleh efek turunan dari ASO.

Terkait dengan konten, MSIN memiliki hak pustaka digital untuk 300.000 jam konten MNC Media. Ini dapat dimonetisasi oleh MSIN melalui beberapa cara, termasuk menjualnya ke pihak ke-3, menyediakan aliran linier dan konten VOD melalui aplikasi superapp perseroan, dan monetisasi media sosial di antara banyak hal lainnya. 

Perseroan telah menjadi produsen konten nomor satu di Indonesia, memberikan berbagai program berkualitas tinggi dari serial drama, reality show, animasi, film, dan infotainment. Pada Q1-2023, kehadiran media sosial Perseroan tetap kuat, menghasilkan views yang stabil, yaitu sebesar 1,5-2 miliar setiap bulan. 

MSIN telah memperoleh lebih dari 189,9 juta subscribers (termasuk MCN) dan hampir 68,8 miliar views di YouTube saja. Di Facebook dan TikTok, Perseroan mengumpulkan lebih dari 67,6 juta followers dan 356,3 juta followers.

Sementara untuk iNews media Group, saat ini, operasional portal online perseroan sedang dirombak agar memiliki sinergi yang lebih kokoh di antara seluruh anak perusahaan MNC Media, yang pada akhirnya akan semakin meningkatkan kinerja portal MSIN dalam hal engagement dan pendapatan. 

Inisiatif ini juga ditujukan untuk transisi menuju direct sales yang menghasilkan rate card yang lebih tinggi. Transformasi ini akan menghasilkan kinerja organisasi yang lebih baik, karena penjualan langsung juga dapat memberikan peluang untuk penjualan silang, promosi silang, dan penjualan iklan secara bundle. Pada Kuartal I 2023, berbagai portal umum dan berita milik perseroan telah memiliki hampir 57,2 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU).

Adapun RCTI+ adalah superapp yang beroperasi dengan model berbasis iklan dan menawarkan lima konten kategori, yang mencakup Video, Berita, Audio, Hot+, dan TREBEL Music untuk streaming music hiburan. Pada Q1-2023, RCTI+ telah menarik 67,8 juta pengguna aktif bulanan.  RCTI+ diperkirakan akan melihat peningkatan yang signifikan pada pangsa pasarnya dalam pencapaian pendapatan di industri Video on Demand berbasis iklan (AVOD).

Sementara dari divisi gaming, pada November 2022, telah memperkenalkan game MOBA online pertamanya dengan nama "Fight of Legends". Game ini diproyeksikan akan diperluas ke luar negeri secara bertahap mulai tahun ini.

Menyusul peluncurannya, Perseroan telah melakukan beberapa penyesuaian dan menambahkan fitur baru dalam game tersebut pada bulan April 2023, yang mencakup peningkatan UI/UX, menambahkan fitur siaran yang memungkinkan gamer menonton kompetisi/game, dan peningkatan fitur komunikasi dalam game.

Sedangkan Vision+ telah memperoleh hampir 40 juta pengguna aktif bulanan dan lebih dari 2,4 juta pelanggan berbayar pada kuartal I 2023. Vision+ adalah aplikasi Super SVOD yang berkembang pesat yang menawarkan akses pengguna ke konten eksklusif dengan lebih dari 20.000 jam konten video on demand, 110 saluran linear premium lokal dan internasional, dan konten orisinil yang diproduksi oleh Vision Pictures. 

Selain itu, aplikasi ini memiliki lebih dari 74 game dan fitur e-book untuk meningkatkan engagement dan traffic penggunanya. Pada awal tahun ini, Vision+ telah bekerja sama dengan Panorama TV Asia Broadcast Sdn Bhd, sebuah perusahaan yang berbasis di Malaysia, yang merupakan bagian dari Digistar Corporation Berhad yang terdaftar di bursa Malaysia. Kemitraan ini bertujuan untuk lebih membangun Vision

"Kami dengan senang hati melaporkan hasil kuartal I 2023, dengan kinerja yang baik dari lini digital kami yang mencatat kuartal positif dengan pertumbuhan 4 persen YoY. Kami terus berusaha mengeksekusi misi kami, menyediakan konten lokal berkualitas tinggi, memperkuat semua aset digital MSIN, dan membangun fondasi yang tepat untuk memanfaatkan peluang dari tren game yang sedang berkembang," kata  Direktur MSIN Vision+, Valencia Tanoesoedibjo.

Menurut dia, meskipun perseroan sedang menjalani masa ketidakpastian yang terjadi pada industri media yang disebabkan oleh implementasi ASO pada November 2022 lalu, kami melihat lebih banyak potensi pada kuartal 2 2023 dan seterusnya, didukung oleh industri media yang mulai pulih.

"Kami memasuki kuartal II 2023 dengan tanda-tanda yang baik di seluruh lini bisnis kami, didorong oleh permintaan iklan domestik yang meningkat, baik dalam media tradisional maupun digital. Kami sangat bersemangat untuk menjalani sisa tahun ini dengan percaya diri," ungkap Valencia Tanoesoedibjo.

Editor: Jeanny Aipassa

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut