MNC Vision Networks (IPTV) Akuisisi Cameo Project, Pelopor Konten Kreator di Youtube
JAKARTA, iNews.id - PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV) telah menyetujui untuk mengakuisisi Cameo Project sebesar 57 persen. Langkah tersebut dilakukan IPTV sebagai komitmen berkelanjutan untuk secara konsisten meningkatkan berbagai penawaran variasi konten digital yang berkembang pesat, terutama konten yang dikhususkan untuk platform OTT, Vision+.
Cameo Project akan memperluas dan melengkapi keanekaragaman konten milik grup melalui original production untuk Vision+, 13 inhouse channels berbayar yang ekslusif bagi para pelanggan grup IPTV dan aktivitas media sosial.
Vision+ telah menghasilkan 14 judul sukses seperti "Twisted", “Sumber Rezeki”, “Joe & Robot Kopi”, dan “Dunia Maya” yang baru saja memenangkan sebuah penghargaan di Asian Academy Film Awards sebagai Serial Drama Terbaik. Sebelumnya, Martin Anugrah. yang bersama Cameo Project pernah mewakili Indonesia dalam acara YouTube Creators for Change Summit 2018 di London.
Didirikan oleh Martin Anugrah dan Andry Ganda pada tahun 2008, Cameo Project adalah konten kreator YouTube yang terkemuka di industri, berfokus pada produksi konten video multi-genre, seperti komedi, kids, musik, dan juga memiliki portofolio manajemen bakat berisi artis-artis digital (selebgram, konten kreator).
Channel Cameo Project di YouTube telah menghasilkan lebih dari 1,1 juta subscribers dengan lebih dari 175 juta views, dengan rata-rata 200.000 views per hari.
Cameo Project telah bekerja sama dengan banyak klien terkemuka seperti DANA, Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), Grab, hingga kepolisian (POLRI).
Kemampuan Cameo Project dalam memproduksi konten asli berbasis klien tematik, sangat cocok dengan profil konten milik IPTV, dan diharapkan akan terus memperluas pilihan konten Perseroan sebagai upaya untuk mendapatkan pelanggan di masa depan.
Selain itu, Cameo Project juga berfokus pada konten perubahan sosial melalui pendidikan. Sejalan dengan obyektif Perseroan, hal ini bertujuan untuk memberikan dampak yang positif bagi masyarakat.
Ade Tjendra, Direktur Utama PT MNC Vision Networks Tbk, mengatakan dengan memperluas hubungan komersial dalam bentuk investasi saham, hal ini memungkinkan IPTV untuk bekerja lebih dekat dengan tim Cameo dalam memenuhi kebutuhan pemirsa OTT dan pola konsumsi media kami dengan lebih baik.
"Kami sangat senang dapat bekerja dengan lebih strategis bersama Cameo Project, mereka memiliki banyak pengalaman dalam mempelopori berbagai konten digital dan juga terlibat dalam berbagai proyek penting dengan klien terkemuka," kata Ade Tjandra.
Sementara Martin Anugrah, Pendiri Cameo Project, mengatakan merupakan suatu kehormatan besar bagi Cameo Productions dan Cameo Project untuk menjadi bagian dari PT MNC Vision Network Tbk.
"Bersama-sama kami akan menyinergikan kemampuan, network, dan produksi kami dalam mencapai visi kami bersama dalam menciptakan konten yang hebat dan memberikan dampak kepada masyarakat yang menyeluruh melalui saluran distribusi Perseroan yang luas," kata Martin Anugrah.
Konten yang diproduksi Vision Pictures dan Cameo Project akan didistribusikan kembali melalui Migo. Di Migo, IPTV memiliki saham yang signifikan di dalamnya.
Migo Indonesia adalah perusahaan operasional Migo di Indonesia, sebuah platform distribusi konten global disruptif yang yang didukung oleh Temasek, Co-Founder YouTube, VC blue chip, dan tokoh penting dalam industri utama lainnya.
Teknologi eksklusifnya membawa bagian terbaik dari internet ke toko mitra dengan harga yang terjangkau, memperluas distribusi konten secara masif untuk pasar yang menyeluruh di negara berkembang.
Saat ini Vision+ merupakan OTT SVOD yang mengalami pertumbuhan terpesat di pasar, dengan memiliki 50,3 juta MAU dan lebih dari 2 juta pelanggan berbayar.
Vision+ menawarkan beragam pilihan konten lokal paling menyeluruh melalui TV linear dengan fitur catch-up, pustaka konten
terbaik dan berbagai original production eksklusif yang diproduksi oleh Vision Pictures.
Sejak bergabungnya IPTV ke dalam Migo pada bulan Mei, MAU Migo telah mengalami pertumbuhan sebesar 40 persen setiap bulannya dan adapun dari segi pendapatan kotor terus mengalami peningkatan sebesar 47 persen di setiap bulan. Hal ini menunjukkan dominasi konten IPTV di pasar.
Editor: Jeanny Aipassa