JAKARTA, iNews.id - PT MRT Jakarta (Perseroda) teken kontak pengadaan CP 205 railway systems and trackwork (sistem perkeretaapian dan rel) yang meliputi proyek MRT Fase Bundaran HI - Kota dengan
perusahaan asal Jepang Jepang Sojitz Corporation. Kerja sama tersebut bernilai Rp4,2 triliun.
Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat mengatakan CP 205 merupakan bagian dari paket kontrak kerja pembangunan MRT Jakarta fase 2A.
KAI Angkut 521 Ribu Ton Hasil Perkebunan, Mayoritas CPO
Paket kontrak 205 ini meliputi gardu induk (substation system), sistem distribusi daya (power distribution system), listrik aliran atas (overhead contact system), persinyalan (signaling), telekomunikasi, Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA), rel (track), dan pintu tepi peron (platform screen doors).
"Nilai kontraknya sebesar Rp4,2 triliun. CP205 akan mendukung operasional MRT Jakarta dari Bundaran HI hingga Kota," kata Tuhiyat dalam konferensi pers di Stasiun MRT Bundaran HI, Rabu (17/4/2024).
Jangan Lupa! Tarif Promo MRT Jakarta Cuma Rp243 Berlaku Terakhir Hari Ini
Lebih lanjut, Tuhiyat menjelaskan CP 205 merupakan bagian integral dari fase kedua proyek MRT dengan rute Bundaran HI - Kota, merupakan bagian penting dalam pengembangan pembangunan MRT Jakarta.
"Proyek ini tidak hanya akan memperluas jangkauan MRT, tetapi juga akan meningkatkan konektivitas kota, mengurangi kemacetan dan memperbaiki kualitas udara, dengan mengurangi emisi kendaraan bermotor," tutur dia.
MRT Jakarta Mau Naikkan Tarif Tiket di Tahun Ini?
Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta (Perseroda) Weni Maulina dan Assistant General Manager, Airport, and Transportation Infrastruktur Department Sojitz Corporation Naoki Kazama dan disaksikan oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat.
Sekadar informasi, per 25 Maret 2024, perkembangan konstruksi fase 2A telah mencapai 33,36 persen dengan perincian CP201 Thamrin - Monas 74,02 persen, CP202 Harmoni - Mangga Besar 28,34 persen, dan CP203 Glodok - Kota 49,97 persen.
Penampakan Terowongan Bawah Tanah MRT Jakarta Fase 2A
Selanjutnya, perkembangan CP206, yaitu pengadaan kereta telah memasuki tahap penyusunan proposal dan klarifikasi calon bidder dan CP207, yaitu sistem pembayaran (automatic fare collection) telah memasuki tahap penyusunan dokumen tender.
PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan operasional fase 2A secara bertahap, yaitu Bundaran HI - Monas pada 2027 dan Harmoni - Kota pada 2030.
Editor: Puti Aini Yasmin
- Sumatra
- Jawa
- Kalimantan
- Sulawesi
- Papua
- Kepulauan Nusa Tenggara
- Kepulauan Maluku