MSIN Jalin Kerja Sama Konser hingga OTT dengan Media Asia Hong Kong
JAKARTA, iNews.id - PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) menjalin kerja sama dengan Media Asia Hong Kong di bidang entertainment, mulai dari live konser hingga konten over the top (OTT).
Hal itu, disampaikan Direktur Utama MSIN, Noersing, saat menghadiri Business Lunch 'Indonesia-Hong Kong Partnering for Success' antara Indonesia dengan The Hong Kong Trade Development Council (HKTDC), pada Rabu (26/7/2023), di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat.
"Sebagaimana disampaikan pak Hary Tanoesoedibjo kita akan menindaklanjuti secara cepat. Sebenarnya sebelum acara hari ini kita sudah bertemu. Saya dan pak HT sudah bertemu dengan tim Media Asia Hong Kong," kata Noersing.
Dia menjelaskan, Media Asia Hong Kong adalah salah satu grup media yang terbesar dan paling berpengaruh di Hong Kong. Selain itu, Media Asia Hong Kong juga melakukan penetrasi yang luar biasa di pasar China.
"Jadi beberapa kesempatan yang kita kembangkan dan bicarakan banyak sekali. Yang pertama adalah bagaimana kalau kita mengadakan event live Concert di Indonesia, ini yang sekarang sedang hype dan oportunity-nya luar biasa," kata Noersing.
Kerja sama tersebut, lanjutnya, sangat potensial mengingat penduduk Indonesia sedang haus setelah pandemi dengan berbagai hiburan di media salah satunya konser musik grup band ternama. Apalagi Media Asia Hong Kong, memiliki pengalaman di bidang itu, demikian juga MNC yang nantinya memiliki Lido Music Art Center di KEK Lido, Jawa Barat.
"Kita juga mengeksplorasi kerja sama untuk produksi drama series dan film baik itu disana maupun disini, jadi join produksi. Di samping itu kita lihat karena banyak library management dengan banyak nya konten library kita dan mereka juga banyak sekali," ujar Noersing.
Dia menjelaskan, MSIN sedang berupaya mengeksplorasi bagaimana menjual produk konten-konten tadi baik di Hong Kong maupun Cina dan juga sebaliknya bagaimana konten Media Asia di jual di Indonesia.
"Kita juga mengeksplorasi oportunity over the top (OTT) streaming services, ini tidak hanya terbatas konten, tapi juga kerja sama apa lagi yang bisa kita lakukan supaya ada kolaborasi antara kita dengan Media Asia, sehingga kita menjadi dominan player, mengukuhkan dominasi kita untuk OTT platform di Indonesia. Itu beberapa hal yang kita ekplorasi dan akan kita tindak lanjuti segera," tutur Noersing.
Dia menjelaskan dalam keuntungan dalam market tersebut secara absolut rupiahnya tetap meningkat tetapi makin jenuh karena pemainnya semakin banyak.
"Bahkan konten kreator sudah bisa mengambil market share dari ads span. Oleh karena itu kita sudah sangat siap sekali, MNC Media khususnya MNC Digital Entertainment Tbk sangat siap, dimana kita sudah integrasikan semua digital bisnis kita dalam satu payung," jelasnya.
Meskipun demikian, MNC disebut Noersing akan terus mengembangkan kerja sama ke arah lebih ekspansi dalam mengembangkan konten digital.
"Dan dengan super app kita yang effort terbesar di Indonesia, sangat-sangat siap sekali untuk menyambut digitalisasi ini ke depan. Karena itu untuk ke depannya yang penting untuk mengukuhkan leading position kita di digital adalah dengan kolaborasi (kerja sama) seperti ini," tutur Noersing.
Editor: Jeanny Aipassa