Naik Kereta Api Jarak Jauh, Anak Kecil Tak Wajib Tes Covid-19

Rina Anggraeni ยท Senin, 21 Desember 2020 - 10:00:00 WIB
Naik Kereta Api Jarak Jauh, Anak Kecil Tak Wajib Tes Covid-19
Penumpang kereta jarak jauh yang berusia di bawah 12 tahun tak wajib menunjukkan hasil tes rapid antibodi, antigen, atau PCR. (Foto: Sindo)

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mewajibkan seluruh penumpang kereta jarak jauh menunjukkan hasil tes Covid-19. Kebijakan ini tidak berlaku bagi anak kecil.

EVP Corporate Secretary KAI Dadan Rudiansyah mengatakan, ketentuan tes dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 lewat moda transportasi umum. Kebijakan tersebut berlaku mulai 22 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

Dadan menjelaskan, penumpang kereta jarak jauh di Pulau Jawa harus menunjukkan hasil test antigen yang berlaku paling lama tiga hari (H-3) sebelum hari keberangkatan. Sedangkan untuk perjalanan KA Jarak Jauh di Pulau Sumatra, penumpang wajib menunjukkan rapid test antibodi nonreaktif atau tes PCR negatif dengan masa berlaku paling lama 14 hari sebelum hari keberangkatan.

"Adapun syarat-syarat tersebut tidak diwajibkan untuk pelanggan KA Jarak Jauh dengan usia di bawah 12 tahun," kata Dadan, Senin (21/12/2020).

Dia mengatakan, penumpang kereta jarak jauh harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), memakai masker dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. 

"Selama dalam perjalanan, pelanggan diharuskan menggunakan face shield dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah