New Normal, Jasa Marga Hapus Layanan Top Up Tunai di Gerbang Tol
JAKARTA, iNews.id - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menghilangkan layanan isi ulang atau top up secara tunai di gerbang tol. Hal tersebut merupakan skenario baru dalam memasuki era new normal, dengan mengedepankan kemajuan bisnis berbasis digital.
Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menyebut, pengguna tol sudah diharuskan melakukan top up uang elektronik secara online, sebelum memutuskan akan berkendara di jalan tol.
“Jadi pengguna sudah harus mengisi uang elektronik untuk bayar tolnya secara online, di gerbang tol kami akan meniadakan proses isi ulang secara tunai,” ujar Heru pada diskusi via online, Rabu (27/5/2020).
Perubahan tersebut akan segera dilakukan, mengingat aktivitas isi ulang secara tunai di gerbang tol tidak sesuai dengan keharusan jaga jarak atau physical distancing. Hal itu seiring memasuki era baru dalam beradaptasi dengan Covid-19 atau the new normal, dengan menerapkan protokol keamanan dan kesehatan dalam bertransaksi di tempat umum.
Sebagai bentuk penyesuaian dengan kondisi tersebut, Heru menjelaskan ke depannya di rest area waktu yang dapat digunakan kendaraan untuk istirahat akan dikurangi, tidak seperti sebelum adanya pandemi. Waktu singgah akan dibatasi maksimal hanya selama 30 menit saja.
“Ini untuk mengikuti kebijakan physical distancing, bukan berarti pengguna jalan tidak boleh singgah. Ke depannya rest area bukan lagi tempat kongkow-kongkow,” kata dia.
Editor: Ranto Rajagukguk