Operasional LRT Jabodebek Tunggu Jalur ke Dukuh Atas, Ditargetkan Selesai 2021

Antara ยท Sabtu, 14 September 2019 - 07:20 WIB
Operasional LRT Jabodebek Tunggu Jalur ke Dukuh Atas, Ditargetkan Selesai 2021

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, kereta api ringan (light rail transit/LRT) harus menunggu penyelesaian jalur dari Cibubur hingga Dukuh Atas. Hal ini berdampak pada mundurnya target penyelesaian proyek itu.

Menteri BUMN Rini Soemarno sebelumnya menyatakan, LRT Jabodebek fase Cibubur-Cawang bisa selesai dalam waktu dekat. Proses uji coba bahkan bisa dilakukan pada bulan depan atau paling lambat Oktober 2019.

BACA JUGA:

LRT Jabodebek Fase Cawang-Cibubur Siap Beroperasi Oktober 2019

Anies Tuding LRT Bikin Banjir, Menko Luhut: Jangan Salahkan Orang Lain

Namun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, fase Cibubur-Cawang tidak bisa dioperasikan lebih awal karena harus menunggu seluruh rute selesai. Pasalnya, penumpang LRT fase Cibubur-Cawang bakal sedikit.

"Kalau sampai Cawang, ridership-nya kan sedikit, sehingga ada pengaruhnya terhadap subsidi," kata Menhub, Jumat (14/9/2019) malam.

Dia mengungkapkan, progres LRT fase Cawang-Cibubur sejauh ini sudah di atas 90 persen. Sementara Cawang-Dukuh Atas baru 60 persen dan ditargetkan baru selesai pada 2021.

"Kalau uji coba (Cawang-Cibubur) tetap bisa mungkin pada Oktober, untuk komersial kita upayakan itu tetap bisa beroperasi 2021," katanya.

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu menambahkan, untuk rute yang dari Bekasi-Cawang progresnya sudah mencapai 80 persen. Namun, pembangunan depo baru 20 persen akibat molornya pembebasan lahan, sehingga fase ini ditargetkan selesai pada 2022.


Editor : Rahmat Fiansyah