Pekan Kedua Mal Dibuka, APPBI Sebut Ada Peningkatan Pengunjung

Aditya Pratama ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 21:05 WIB
Pekan Kedua Mal Dibuka, APPBI Sebut Ada Peningkatan Pengunjung

Pusat perbelanjaan atau mal di DKI Jakarta beroperasi untuk pekan kedua setelah diterbitkannya PSBB transisi. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pusat perbelanjaan atau mal di DKI Jakarta beroperasi untuk pekan kedua setelah diterbitkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan mengakui mulai terjadi peningkatan pengunjung walaupun belum signifikan.

"Kalau kita lihat hasil kemarin dari awal sampai sekarang memang ada peningkatan, walau peningkatan itu pelan tapi kelihatan sekali ada peningkatan. Awal awal hanya 20 persen yang datang, minggu ini kita lihat sudah 30-40 persen. Jadi memang ada peningkatan," ujar Stefanus dalam acara Special Dialogue IDX Channel, Kamis (25/6/2020)

Stefanus menyatakan, kondisi tersebut sangat mirip saat Idul Fitri berakhir di mana penjualan merosot tajam. Meski begitu, APPBI tidak bisa berharap terlalu banyak dengan kondisi saat ini. 

Dia menuturkan, PSBB transisi memberi napas bagi mal dan ritel modern untuk menekan kerugian. Meski beroperasi terbatas, ritel modern dinilai bisa menahan diri untuk melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Yang penting kita sudah mulai bergerak dan semua roda ekonomi bergerak, karyawan sudah mulai masuk lagi, dan sudah mendapatkan kembali gajinya dan supplier sudah mulai memasukkan barang ke toko, saya kira itu permulaan yang baik," kata dia.

Dia meminta pelaku ritel untuk tetap bersabar dengan situasi saat ini. Sebab, kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan juga penting dilakukan, mengingat penyebaran Covid-19 masih cukup tinggi.

"Sehingga mereka juga merasakan karena berbelanja ke mal itu sesuatu hal yang aman dan menyenangkan, optimismenya harus ada," ucapnya.

Editor : Ranto Rajagukguk