Pengusaha Berharap PPKM Level 3 Tak Sampai Ramadan, Maksimal Pertengahan Maret

Advenia Elisabeth ยท Senin, 07 Februari 2022 - 15:25:00 WIB
Pengusaha Berharap PPKM Level 3 Tak Sampai Ramadan, Maksimal Pertengahan Maret
Pengusaha berharap PPKM Level 3 tak sampai Ramadan, maksimal pertengahan Maret. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) DKI Jakarta Sarman Simanjorang berharap penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Jabodetabek, DIY, Bali, dan Bandung Raya tidak sampai Ramadan.

"Kita sangat berharap jika dilakukan pengetatan tidak berlangsung lama, maksimal pertengahan bulan Maret karena pada tanggal 4 April kita sudah memasuki bulan Ramadan atau puasa," kata dia saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (7/2/2022). 

Dia menuturkan, momentum Ramadan dan Idul Fitri harus bisa dimanfaatkan untuk menambah omzet dan profit para pelaku usaha yang berdampak pada naiknya konsumsi rumah tangga. Pada akhirnya, ini juga akan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Momentum Idul Fitri merupakan puncak perputaran uang terbesar di Indonesia, momentum ini harus dimanfaatkan oleh pelaku usaha," ujar Sarman.

Menurutnya, pengetatan tentu akan menekan laju aktivitas ekonomi dan bisnis di Tanah Air. Itu karena akan ada pembatasan pengunjung, jam operasional, dan pekerja kantoran akan work from home (WFH). 

"Nah, ini nanti berdampak kepada sektor perdagangan, kafe, restoran, hotel, mall, transportasi, UMKM, hiburan, dan lain-lain. Ini tentu akan sangat menekan pertumbuham ekonomi terutama kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya," tutur dia.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda