Penuhi Kebutuhan Penumpang Kereta, KAI Operasikan 1.081 Perjalanan KRL Jabodetabek Setiap Hari
JAKARTA, iNews.id - KAI Commuter meningkatkan layanan untuk merespon kebutuhan penumpang kereta di wilayah Jabodetabek. Caranya, KAI Commuter secara total mengoperasikan 1.081 perjalanan KRL Jabodetabek atau commuterline setiap hari, mulai pukul 04.00-24.00 WIB.
VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, mengatakan volume penumpang commuterline Jabodetabek diprediksi mencapai 800.000 orang setiap hari. Pada Senin (6/2/2023), penumpang commuterline Jabodetabek tercatat mencapai 814.048 orang.
Untuk mengantisipasi kepadatan pada jam sibuk pagi dan sore hari khususnya di stasiun-stasiun transit seperti Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang KAI Commuter mengoptimalkan 31 perjalanan commuterline feeder relasi Manggarai–Angke/Kampung Bandan PP dan Mangggarai–Bekasi PP.
Tercatat rata-rata pengguna transit di Stasiun Manggarai sebanyak 125.000–160.000 orang per hari. Sedangkan di Stasiun Tanah Abang sebanyak 100.000–130.000 orang per hari, dan di Stasiun Duri sebanyak 45.000-65.000 orang per hari yang transit di stasiun tersebut.
KAI Commuter mengingatkan kembali bagi pengguna commuterline tujuan Bekasi/Cikarang sore hari di Stasiun Sudirman atau Tanah Abang bisa melakukan perjalannya menggunakan commuterline dengan skema pola opeasi full racket dengan relasi Manggarai–Angke–Kampung Bandan–Pasar Senen–Jatinegara untuk menuju Bekasi/Cikarang.
Sementara itu, bagi penumpang commuterline dari arah Jakarta Kota tujuan Bekasi/Cikarang bisa memilih alternatif perjalananya dengan trasit di Stasiun Kampung Bandan, begitupun sebaliknya.
KAI Commuter terus mengimbau agar pengguna selalu ikuti arahan dari petugas di stasiun serta selalu perhatikan petunjuk-petunjuk arah untuk pengaturan flow pengguna di stasiun. Informasi jadwal perjalanan terbaru dan posisi kereta dapat diakses melalui aplikasi C-Access, sosial media @commuterline agar terhindar dari kepadatan. Untuk info Jadwal terbaru bisa melihat di website commuterline.id atau call center 021-121.
Editor: Jeanny Aipassa