Perluas KUR, Pemerintah Akan Gandeng Tokopedia hingga Grab

Rina Anggraeni ยท Rabu, 23 September 2020 - 15:50 WIB
Perluas KUR, Pemerintah Akan Gandeng Tokopedia hingga Grab

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Humas Kemenko Perekonomian)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah mengajak platform digital untuk menjadi mitra penyalur kredit usaha rakyat (KUR). Langkah ini bertujuan memperluas jangkauan kredit berbunga 7 persen bagi pelaku mikro.

"Salah satunya dengan memperluas penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi UMKM melalui sejumlah mitra platform digital yaitu Gojek, Grab Indonesia, Tokopedia, dan Shopee Indonesia," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di Jakarta, Rabu (23/9/2020).

Menurut Airlangga, upaya memperluas jangkauan KUR sangat penting karena UMKM berperan sebagai pengungkit utama pemulihan ekonomi nasional (PEN). Selain itu, kata dia, pemerintah juga telah memberikan relaksasi kepada debitur KUR yang existing.

"Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pembiayaan UMKM dengan memberikan kemudahan akses, penundaan pembayaran dan menyediakan tambahan subsidi bunga sehingga murah dan meringankan UMKM melalui pelonggaran kebijakan KUR,” ucapnya.

Mantan menteri perindustrian itu menambahkan, UMKM menjadi fokus utama dalam program PEN. Sektor tersebut memperolek alokasi anggaran Rp123,46 triliun.

"Program PEN tersebut masih akan berlanjut hingga tahun 2021," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah