Pertamina Ajak UMKM Lomba Live Marketing Melalui Medsos dan Marketplace, Berhadiah Jutaan Rupiah
JAKARTA, iNews.id - PT Pertamina (Persero) mengajak pelaku UMKM mengikuti Marketing Live Competition melalui media sosial (medsos) dan marketplace untuk mempromosikan dan menjual produk. Lomba yang merupakan bagian dari program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) itu, akan diselenggarakan pada 5–15 Juni 2022.
Adapun syarat dan ketentuan-nya adalah bahwa setiap peserta diwajibkan mengikuti (follow) Instagram @gen_umkm, mengcapture tampilan saat live beserta viewers terbanyak untuk dilakukan verifikasi, mengupload hasil live ke Instagram dengan mentag @gen_umkm, dan menyertakan hastag GenLiveCompetition.
Pjs. VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Heppy Wulansari, menyatakan kegiatan ini diperuntukkan bagi seluruh Mitra Binaan baik Pertamina maupun bukan. “Khusus Mitra Binaan Pertamina, diharuskan menyertakan nama usaha dan kode mitra,“ ujar Heppy di Jakarta, Minggu(12/6/2022).
Dia menjelaskan, kriteria pemenang merupakan peserta yang memiliki viewers dan penjualan terbanyak selama live dengan durasi selama 1 (satu) jam.
Bagi 6 (enam) pemenang masing-masing kategori, umum dan Mitra Binaan. Pertamina menyediakan hadiah jutaan rupiah bagi para pemenang.
Heppy mengungkapkan, seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tengah berlomba-lomba melakukan digitalisasi usahanya. Hal tersebut dilakukan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang pesat dari masa ke masa.
Heppy sangat mengapresiasi kegiatan ini dalam rangka membangkitkan semangat para UMKM di tengah peralihan pandemi menuju endemi Covid-19.
“Dalam konten online pun, kalimat pertama yang kita keluarkan adalah kalimat yang menarik perhatian yang tidak secara langsung menuju ke produk melainkan fokus kepada "keuntungan" apa yang akan didapat oleh calon pembeli,” tutur Heppy.
Hal ini dilakukan agar masuk ke dalam otak bawah sadar bahwa calon pembeli memang sangat menginginkan produk dimaksud. Dengan digitalisasi, terdapat beberapa manfaat bagi UMKM antara lain menghemat biaya pemasaran yang tentunya meningkatkan laba usaha, jangkauan pemasaran yang lebih luas, pelaku bisnis UMKM dapat melayani konsumen secara real time meskipun dalam jarak jauh. Pastinya, konsumen yang dilayani secara real time akan senang dan bisa jadi menjadi pelanggan tetap.
Dia menjelaskan, banyak sekali UMKM yang mengembangkan usahanya menggunakan teknologi berbasis internet, seperti: membuat website untuk melakukan digital marketing sampai dengan memiliki e-commerce. Hingga tahun 2021 PT Pertamina (Persero) telah memiliki 355 UMKM Naik Kelas Go Digital.
Dengan adanya digitalisasi UMKM, produk yang ditawarkan UMKM lebih dikenal konsumen karena kemudahan sistem pemasaran digital. Bagi UMKM yang ingin merintis bisnis UMKM jangan takut kalah bersaing dengan pengusaha besar.
“Saat ini kunci sukses produk UMKM lebih dikenal adalah rajin melakukan promosi menggunakan media sosial, website dan E – Commerce,” ungkap Heppy.
Editor: Jeanny Aipassa