Perusahaan Ini Bikin Alat Tes Corona Sepuluh Menit, Harga di Bawah Rp16.000

Rahmat Fiansyah ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 21:58 WIB
Perusahaan Ini Bikin Alat Tes Corona Sepuluh Menit, Harga di Bawah Rp16.000

Peneliti melakukan uji virus corona. (Foto: ilustrasi/AFP)

BREDFORD, iNews.id - Mologic Ltd, perusahaan asal Inggris, mengembangkan alat tes cepat corona dengan kemampuan deteksi hanya 10 menit. Selain itu, harganya tergolong murah di bawah 1 dolar AS (Rp16.000).

Dilansir Bloomberg, Kamis (26/3/2020), perusahaan itu telah mengirimkan prototipe alat tersebut kepada laboratorium setempat untuk kepentingan validasi sebelum diproduksi secara massal.

Alat seukuran jari tersebut bisa mendeteksi secara dini (screening) apakah seseorang memiliki penyakit Covid-19 atau tidak dari sisi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, perusahaan juga mengerjakan proyek terpisah berupa alat tes swab untuk mengetahui keberadaan virus secara cepat.

"Produksi massal akan dimulai dalam beberapa minggu ke depan sebelum kami lepas ke pasar. Kami ingin alat ini bisa tersedia untuk semua orang," kata Chief Scientist Officer Mologic, Paul Davis.

Prototipe alat tes virus corona tersebut rencananya juga akan dikirimkan ke laboratorium lain di luar Inggris untuk divalidasi sekitar 3-4 bulan.

Untuk membuat alat tersebut, Mologic menggandeng Institut Pasteur de Dakar, yayasan yang berbasis di Senegal. Untuk tahap awal, alat tes tersebut akan diproduksi di Inggris dan Senegal dengan target 8 juta unit per tahun.


Editor : Rahmat Fiansyah