Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai Hampir 80 Persen

azhfar muhammad ยท Senin, 07 Februari 2022 - 14:12:00 WIB
Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai Hampir 80 Persen
Kemenhub menyampaikan bahwa progres Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) telah mencapai 79,9 persen. (foto: Dok. MPI)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan bahwa progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) telah mencapai 79,9 persen. Proyek ini merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri menuturkan, skema pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung mendapatkan revisi sesuai dengan peraturan presiden atau Perpres Nomor 107 Tahun 2015 menjadi Perpres 93 tahun 2021.

“Saat ini proyek KCJB telah mencapai 79,90 Persen, dan ini PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC yaitu Kereta Cepat Jakarta-Bandung Adalah amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJN) 2020-2024,” ujar Zulfikri dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR, Senin (7/2/2022).

Dalam rangka percepatan penyelenggaraan prasarana dan sarana kereta cepat, pemerintah menugaskan kepada konsorsium Badan Usaha Milik Negara yang dipimpin oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

“Untuk trase pembangunan KCJB ini menggunakan trase Jakarta, Karawang, Walni-Padalarang dan Padalarang-Bandung,” kata dia.

Dalam rangka pendanaan, dia menjelaskan dana yang berasal dari sumber dana lainnya berupa RAPBN dalam rangka menjaga keberlangsungan pelaksanaan PSN dengan memperhatikan kesinambungan secara fiskal. 

“Untuk pengembangan potensi jalur lintasan kereta api dan kami telah menyiapkan sejumlah proyek melalui kerja sama dengan pemerintah Jepang,” ucapnya.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda