Rayakan HUT ke-125 BRI, Ini Aksi Heroik Srikandi BRI untuk Lingkungan

Rizqa Leony Putri ยท Minggu, 27 Desember 2020 - 12:22:00 WIB
Rayakan HUT ke-125 BRI, Ini Aksi Heroik Srikandi BRI untuk Lingkungan
Aksi heroik Srikandi BRI untuk lingkungan (Foto: Dok BRI)

JAKARTA, iNews.id - Komunitas Srikandi BRI kembali menginisiasi aksi sosial. Hal ini tentunya dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-125 Bank BRI yang dirayakan pada 16 Desember 2020 lalu.

Pihaknya diketahui melaksanakan aksi peduli lingkungan yang digelar dalam rangkaian Program Gerakan 400 Lubang Resapan (Biopori) dan Bank Sampah, di wilayah Cakung, Jakarta Timur, Minggu (27/12/2020). Mereka menggandeng Yayasan Pulo Kambing sebagai salah satu lembaga sosial non profit yang fokus pada pemberdayaan dan pengelolaan lingkungan hijau.

Melalui aksi ini, Srikandi BRI mendorong terwujudnya lingkungan hijau yang layak bagi masyarakat dengan membuat area resapan air dan bank sampah.

“Kegiatan ini kami laksanakan dalam rangkaian perayaan HUT ke-125 Bank BRI dengan memberikan aksi nyata bagi lingkungan. Salah satunya dengan membuat sumur resapan atau biopori agar dapat mengurangi dampak banjir yang mungkin ditimbulkan ketika hujan di area DKI Jakarta, khususnya Jakarta Timur,“ kata Ketua Srikandi BRI Retno W. Wijayanti, Minggu (27/12/2020).

Dalam kegiatan tersebut, Srikandi BRI juga melibatkan masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan wilayah tempat tinggal untuk mencegah terjadinya banjir ketika musim hujan melanda. Salah satunya, dengan mengimbau masyarakat untuk memilah, membuang dan mengurangi sampah yang dapat berdampak langsung terhadap lingkungan.

“Srikandi BRI juga memberikan perhatian kepada aspek pembuangan sampah rumah tangga di wilayah ini, dengan memberikan penyuluhan kepada warga untuk memilah sampah dan membuangnya ke tempat yang benar, yakni di pembuangan sampah yang telah disediakan. Selain itu, masyarakat juga harus mengurangi penggunaan bahan plastik yang merusak lingkungan,“ ujar Retno.

Program yang dijalankan oleh Srikandi BRI ini sejalan dengan Triple Bottom Line Program CSR Bank BRI yakni, Pro Planet, Pro Profit dan Pro People (3P). Melalui kerangka ini, Srikandi BRI ingin terus melanjutkan cita-cita luhur BRI untuk keberlanjutan Green Banking yang fokus pada pelestarian lingkungan, pengembangan bisnis mikro, dan pemberdayaan sumber daya manusia Indonesia unggul.

Sebelumnya, BRI telah menjalankan program bersih-bersih sungai yang dilaksanakan di 19 Kantor Wilayah Bank BRI di seluruh Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi sungai sebagai penyangga kehidupan dan penyangga peradaban bangsa.

Program tersebut menggandeng pemerintah daerah setempat untuk mengembalikan fungsi sungai agar lebih bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang hidup di sekitar sungai. Kemudian, juga dapat menjadi motor keberlangsungan hayati bagi wilayah sekitar sungai.

“Kami akan terus bergerak untuk memberikan nilai lebih kepada masyarakat Indonesia. Program Biopori ini merupakan program yang kedua dilaksanakan, setelah sebelumnya dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur. Kami berharap terus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk terus membangun dan memilihara kelestarian alam dan memingkatkan nilai guna lingkungan bagi kepentingan ekonomi masyarakat," kata Retno. (CM)

Editor : Rizqa Leony Putri