Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Digitalisasi Operasional Bantu E-Commerce Tumbuh Lebih Tangguh, Ini Alasannya! 
Advertisement . Scroll to see content

Riset Populix: Shopee Live Jadi Fitur Live Streaming Terpopuler untuk Belanja Online

Rabu, 14 Juni 2023 - 08:00:00 WIB
Riset Populix: Shopee Live Jadi Fitur Live Streaming Terpopuler untuk Belanja Online
Popularitas tren live shopping atau berbelanja dan berjualan melalui fitur live streaming terus meningkat dan menunjukkan potensi besar.
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Meningkatnya penetrasi internet di Indonesia telah mendorong pesatnya pertumbuhan e-commerce. Berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2020, pasar e-commerce Indonesia juga diproyeksikan mencapai 53 miliar Dolar Amerika pada 2025, dengan CAGR sebesar 29 persen dari 2020 hingga 2025.

Guna meningkatkan daya tarik dan mengikuti perubahan perilaku belanja, adu strategi yang dihadirkan oleh para pemain e-commerce membuat peta persaingan industri e-commerce di Indonesia semakin menarik dalam beberapa tahun terakhir. Dilansir dari Riset Snapcart: Tren Perilaku Belanja Online Jelang Ramadan 2023, mengungkap kondisi pasar e-commerce saat ini.

Hal tersebut berdasarkan dua indikator utama, yaitu Brand Use Most Often (BUMO) atau merk yang paling sering digunakan dan merk yang paling diingat atau Top Of Mind (TOM), Shopee menduduki posisi pertama, jauh di atas merk-merk e-commerce lainnya. Di mana pada indikator merk yang paling sering digunakan, 61 persen responden memilih Shopee, diikuti dengan Tokopedia (22 persen), TikTok Shop (9 persen), dan Lazada (7 persen).

Sedangkan untuk merk yang paling diingat, Shopee unggul di 70 persen, diikuti oleh Tokopedia (22 persen), Lazada (5 persen), dan TikTok Shop (2 persen). Inisiatif hingga inovasi fitur kerap dihadirkan untuk meningkatkan pengalaman belanja online, baik untuk konsumen maupun perkembangan bisnis pelaku usaha, salah satunya live streaming. 

Popularitas tren live shopping atau berbelanja dan berjualan melalui fitur live streaming yang terus meningkat dan menunjukkan potensi besar, menjadikan tren ini disebut sebagai masa depan e-commerce. Tidak hanya menjadi hiburan, interaksi real-time menjadi daya tarik utama dan meningkatkan keterlibatan proaktif saat berbelanja online.

Membahas lebih lanjut mengenai hal tersebut, Populix meluncurkan laporan “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” yang membahas tentang perilaku dan sikap pengguna terhadap live streaming ketika berinteraksi dan berbelanja melalui live streaming agar dapat memaksimalkan strategi dan mempelajari hambatan yang ada. 

Co-Founder dan CEO Populix Timothy Astandu mengatakan, berbagai konten atraktif, kreatif, dan interaksi yang proaktif menjadi keunggulan dari tren Live Shopping melalui fitur streaming. Selain itu, promo menarik yang diberikan juga semakin meningkatkan daya beli masyarakat untuk berbelanja secara real-time.

Para pelaku usaha pun merasakan dampak positif, sehingga untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas, terdapat berbagai aspek-aspek yang mereka harus didalami untuk mempelajari pergerakan perilaku konsumen saat berbelanja online khususnya melalui fitur live streaming.

"Tidak heran saat ini sebagian besar pemain e-commerce di Indonesia mengembangkan fitur ini. Sehingga kami ingin mengerucut terhadap tren itu sendiri, apakah posisi platform pada market e-commerce saat ini mempengaruhi preferensi konsumen terhadap fitur live streaming yang dihadirkan dari masing-masing pemain,” ucap Timothy Astandu. 

Platform Live Streaming Terpopuler     

Berdasarkan survei yang dilakukan pada 506 laki-laki dan perempuan berumur 17-45 tahun pada Mei 2023, mengungkapkan 69 persen responden mengatakan Shopee Live merupakan fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, jauh melampaui para pesaingnya, yakni TikTok Live (25 persen), Tokopedia Play (4 persen), dan LazLive (2 persen).

Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60 persen responden, jauh melampaui TikTok Live (30 persen), LazLive (4 persen), dan Tokopedia Play (2 persen).  

(Foto: dok Populix)

“Hal ini sejalan dengan hasil riset kami, di mana Shopee Live memiliki pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi dan pangsa pasar nilai transaksi tertinggi, dibandingkan para pesaingnya,” ucap Timothy Astandu.    

Gaya Belanja Masyarakat selama Live Streaming

Sama seperti aktivitas berbelanja lainnya yang dipengaruhi oleh tahapan perjalanan, live shopping memiliki faktor-faktor yang mendasari preferensi pilihan konsumen saat berbelanja. Dua dari banyak elemen yang dianggap penting antara lain penawaran menarik yang tergabung dari gratis ongkir, diskon serta promo spesial dan kelengkapan kategori beserta pilihan produk yang luas.

- Live Shopping dengan Kategori Terlengkap 

Kelengkapan kategori menjadi faktor penting yang diperhatikan konsumen saat melakukan live shopping. Kelebihan live shopping yang dapat melihat dan bertanya secara langsung melalui video, mempengaruhi keputusan konsumen saat berbelanja untuk kategori tertentu.

Pada riset ini terlihat bahwa kategori produk yang paling banyak dibeli adalah fashion dan aksesoris (85 persen), kecantikan, perawatan, dan kesehatan (54 persen), gaya hidup (41 persen), kebutuhan rumah tangga (33 persen), produk sehari-hari atau FMCG (32 persen), elektronik (25 persen), serta ibu dan anak atau kebutuhan bayi (16 persen).

Hasil survei mengungkap juga bahwa dalam sebulan masyarakat dapat berbelanja dua hingga empat kali dengan budget yang dikeluarkan sekitar Rp200.000 dalam sekali transaksi.  

Fashion dan Kecantikan menjadi dua kategori dengan persentase paling tinggi di antara kategori lainnya yang paling banyak dibeli saat live shopping. Kedua kategori tersebut menunjukan perputaran tren yang cepat, salah satunya melalui variasi hingga model produk yang dihadirkan.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa hal ini juga berjalan beriringan dengan peluang yang dilahirkan oleh kemajuan teknologi. Di mana saat ini, konten kreatif yang meliputi review, haul hingga rekomendasi produk dapat ditemui di mana saja, salah satunya melalui fitur live streaming. Konten-konten ini memang cenderung lebih banyak pada dua area kategori ini.

Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori Fashion dan Kecantikan. Untuk kategori Fashion, Shopee Live dipakai oleh 79 persen responden, jauh di atas pesaing terdekatnya TikTok Live (44 persen). Untuk kategori Kecantikan, Shopee Live dipakai oleh 71 persen, jauh di atas pesaing terdekatnya, TikTok Live (51 persen). 

Adapun persebaran preferensi konsumen saat memilih fitur streaming untuk live shopping pada masing-masing kategori, sebagai berikut ini. 

Dalam meneliti fitur streaming untuk aktivitas live shopping, riset ini menggunakan tiga elemen untuk mendalami faktor kelengkapan kategori. Selain koleksi kategori yang lengkap, pilihan produk yang bervariasi juga mengambil peran, khususnya untuk memenuhi setiap preferensi konsumen yang berbeda-beda.

Pada survey ini, Shopee Live menduduki posisi terdepan yaitu 74 persen responden memilih sebagai fitur live streaming yang menawarkan rangkaian produk paling lengkap dan paling variatif, jauh di atas para pesaingnya, yakni TikTok Live (20 persen), Tokopedia Play (10 persen), dan LazLive (9 persen). 

“Menempati posisi terdepan bagi sebuah merk, tentunya bukan hanya keberhasilan dari satu faktor saja. Selain kampanye yang dihadirkan secara konsisten, inisiatif lainnya seperti kolaborasi dengan brand atau pelaku usaha yang sejalan dengan tema kampanye serta pemilihan public figure yang memang dapat mendukung topik tersebut, dapat menjadi pilar guna menciptakan strategi yang efektif dan efisien,” kata Timothy Astandu.  

- Live Shopping yang Menawarkan Penawaran Paling Menarik 

Faktor pertimbangan lainnya bergerak seputar penawaran menarik, di mana elemen ini memang terus menjadi daya tarik utama untuk berbelanja dengan cara apapun, baik offline, online hingga live shopping. Hal ini karena sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masih mengacu terhadap pencarian promosi atau penawaran menarik.

Promo-promo yang paling menarik menurut masyarakat adalah gratis ongkir (91 persen), diskon (87 persen), cashback (65 persen), voucher belanja (47 persen), special bundle (34 persen), dan exclusive product launch (20 persen).

(Foto: dok Populix)

Dari data hasil riset di atas, bisa disimpulkan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, serta fitur live streaming yang menawarkan diskon hingga cashback paling besar.

Hal ini sejalan dengan hasil data yang memaparkan bahwa Shopee Live menduduki posisi pertama pada indikator merk atau fitur live streaming yang paling disukai, jauh melampaui para pesaingnya, di antaranya Shopee Live (66 persen), TikTok Live (28 persen), Tokopedia Play (3 persen), dan LazLive (3 persen).  

Tentu, hal tersebut perlu diperhatikan oleh seluruh e-commerce platform yang menawarkan fitur live streaming untuk dapat memberikan pelayanan dan keuntungan bagi masyarakat supaya tren belanja ini bisa menjadi kebiasaan baru serta menambah pilihan kanal belanja bagi masyarakat.

Akan tetapi, melihat tren live shopping yang baru saja masuk ke tahap awal perkembangan dan potensi besar yang masih banyak untuk ditawarkan ke depannya menjadikan peta persaingan ini semakin menarik untuk diperhatikan.      

Editor: Anindita Trinoviana

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut