Sering Bicara soal Covid-19, Luhut: Saya Anggota Dewan Pengarah

Antara ยท Sabtu, 06 Juni 2020 - 09:45 WIB
Sering Bicara soal Covid-19, Luhut: Saya Anggota Dewan Pengarah

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan menjelaskan alasan dirinya sering berbicara soal virus corona. Dia mengaku masuk dalam jajaran dewan pengarah Gugus Tugas Covid-19.

"Kenapa saya ikut bicara (Covid-19) seperti tahu? Karena saya itu anggota dewan pengarah. Jadi saya day-to-day ikut, memberikan masukan, berikan koreksi juga," kata Luhut, Jumat (5/6/2020).

Dia mengatakan, pemerintah saat ini menangani Covid-19 dengan fokus memperbanyak laboratorium pengujian dan rumah sakit (RS), baik rujukan, maupun darurat. Tak hanya soal kesehatan, pemerintah juga menggelontorkan dana untuk jaring pengaman sosial bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 secara ekonomi.

Purnawirawan jenderal itu menilai, tren penyebaran Covid-19 terus menurun dalam seminggu terakhir. Dengan kapasitas pengujian yang terus bertambah, dia berharap tren penurunan kasus bisa terus berlanjut.

"Dalam tujuh hari terakhir, malah dua hari terakhir ini sudah di atas 10.000 tes per hari kita lakukan. Presiden (Jokowi) kemarin perintahkan untuk bisa masuk 20.000 tes per hari," tuturnya.

Menurut Luhut, masifnya pengujian sejalan dengan exit strategy pemerintah dalam menangani pandemi.

"Sebelum exit itu, harus masif tesnya. Itu sedang kita lakukan. Kemudian, tracing dan centralized quarantine. Itu semua kita lakukan. Ini standar WHO dan mereka melihat ini," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah