Shin Kyuk-ho Pendiri Lotte Group Meninggal Dunia pada Usia 97 Tahun

Aditya Pratama ยท Minggu, 19 Januari 2020 - 17:50 WIB
Shin Kyuk-ho Pendiri Lotte Group Meninggal Dunia pada Usia 97 Tahun

Pendiri Lotte Group, Shin Kyuk-ho. (Foto: Bloomberg)

SEOUL, iNews.id - Kabar duka datang dari Korea. Shin Kyuk-ho yang mendirikan konglomerasi Lotte Group meninggal dunia pada usia 97 tahun.

Dilansir Bloomberg, Minggu (19/1/2020), Shin menghembuskan nafas terakhir tepat hari ini pukul 16.29 waktu setempat. Selama ini, dia harus berjuang melawan berbagai penyakit terkait usia yang terus menua.

Lahir di Ulsan, Korea Selatan, Shin bermigrasi ke Jepang saat masa perang tahun 1941. Di Jepang, Shin dikenal dengan nama Takeo Shigemitsu dan membuka pabrik pembuatan rice cooker di negara itu pada 1942.

Saat kembali ke Korea, Shin bergabung dalam kelompok pebisnis Korea yang bekerja sama dengan pemerintah untuk membangun kembali Korea yang hancur akibat perang. Kolaborasi pebisnis-pemerintah mendorong industrialisasi besar-besaran di Negeri Ginseng pada 1960-an.

Lotte Group, yang didirikan Shin kini merupakan konglomerasi terbesar nomor lima di Korea. Jejaring bisnisnya mencakup supermarket hingga petrokimia. Total perusahaan di bawah Lotte diperkirakan berjumlah 95 unit usaha.

Editor : Rahmat Fiansyah