Startup Tjufoo Komitmen Bantu UMKM Naik Kelas, Bagaimana Caranya?
JAKARTA, iNews.id - Startup brand aggregator, Tjufoo berkomitmen mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) naik kelas. Startup ini menyasar brand-brand UMKM tradisional untuk dikembangkan.
Tjufoo melakukan scale up UMKM dengan mengakuisisi brand lokal yang sudah terbentuk dan usahanya berjalan baik untuk dibantu berkembang dan naik kelas.
“Di Indonesia ada banyak brand lokal yang usahanya sudah berjalan dengan baik, kami lihat potensinya masih tinggi. Sangat menarik konsep di mana kami membantu mereka untuk naik kelas,” kata Co-Founder and Chief Executive Officer Tjufoo, TJ Tham saat media visit ke iNews Tower, Jakarta, Kamis (10/11/2022).
Dia menjelaskan, startup yang didirikan pada Januari 2022 ini akan membantu memberikan pendanaan kepada para UMKM untuk bisa melakukan ekspansi ke seluruh Indonesia, bahkan hingga kawasan regional. Setelah itu, Tjufoo akan tetap membantu dengan memberikan bimbingan mengenai cara merencanakan inventory, merambah platform jual-beli online, serta strategi untuk mengoptimalkan platform jual-beli online tersebut.
“Itu adalah cara kami untuk membantu brand lokal untuk naik kelas,” ujarnya.
Tercatat enam brand UMKM lokal bergabung dengan Tjufoo, di antaranya Granova, Dew It, Acmic, dan Cypruz. Dalam rangka menjaring semakin banyak UMKM untuk dikembangkan, Tjufoo berkolaborasi dengan Stellar Women dan menghadirkan program AKSI Perempuan.
Program tersebut memberikan pembelajaran imersif kepada para pelaku bisnis perempuan di Indonesia. Dalam program ini, Tjufoo menyediakan sesi pelatihan kepada para peserta yang terpilih, yang dilaksanakan selama 3 hingga 6 bulan.
Setelah itu, akan ada 10 bisnis yang memiliki kesempatan mendapatkan pendanaan, serta dukungan dari Tjufoo dengan total 500.000 dolar AS. Dana itu dimaksudkan untuk mengembangkan bisnis UMKM tersebut ke depan.
Editor: Jujuk Ernawati