Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Ribuan Gen Z Turun ke Jalan di Meksiko, Protes Kekerasan hingga Pembunuhan Wali Kota
Advertisement . Scroll to see content

Survei Terbaru Ungkap Milenial-Gen X Irit Makan, Gen Z Gaya Nomor Satu

Kamis, 19 Juni 2025 - 18:21:00 WIB
Survei Terbaru Ungkap Milenial-Gen X Irit Makan, Gen Z Gaya Nomor Satu
Ilustrasi Gen Z lebih mementingkan gaya dibanding kebutuhan dasar. (foto: Freepik)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Lembaga riset global YouGov melakukan survei kepada masyarakat milenial, Gen X dan Gen Z terkait orientasi pengeluaran dan pengelolaan keuangan dari ketiga generasi tersebut. Berikut hasilnya.

Menurut General Manager YouGov Indonesia, Edward Hutasoit terdapat perbedaan dari hasil survei orientasi pengeluaran dari ketiga generasi. Dalam survei, responden diberikan pilihan mengenai, pengeluaran apa yang harus dipangkas jika terjadi kebutuhan mendesak. 

Hasilnya, milenial lebih memilih mengurangi tabungan, makan di luar, hingga bajet untuk traveling. Kemudian, Gen X memilih untuk mengurangi makan di luar, membeli pakaian, hingga mengurangi pengeluaran untuk hiburan.

Sedangkan Gen Z memilih untuk mengurangi biaya untuk perawatan kesehatan, dan belanja kebutuhan sehari-hari. Dengan kata lain, Gen Z lebih masih mempertahankan penampilan ketimbang kesehatan atau belanja kebutuhan sehari-hari.

"Perbedaan kontras terkait pilihan pengluaran yang harus dikurangi untuk Gen Z, yaitu ada di kebutuhan dasar, dan perawatan kesehatan," ujarnya dalam Webinar, Kamis (19/6/2025).

Lebih lanjut, ia menjelaskan dari habit pengeluaran juga terdapat perbedaan yang mencolok di antara ketiganya.  Adapun, pengeluaran prioritas Gen Z ada di lifestyle. Sedangkan, Milenial dan Gen X memprioritaskan pengeluaran ke kebutuhan dasar.

Edward memaparkan bahwa orientasi pengeluaran Gen Z yaitu sebesar 21 persen untuk kecantikan dan personal care, 20 persen untuk beli pakaian, dan 14 persen untuk makan di luar.

Sedangkan, milenial ditemukan bahwa orientasi pengeluaran untuk belanja kebutuhan sehari-hari 39 persen, pengeluaran untuk penggunaan elektronik 19 persen, dan pengeluaran kebutuhan rumah 16 persen. 

Lalu, orientasi pengeluaran Gen X, sebesar 40 persen untuk belanja kebutuhan sehari, 36 persen pengeluaran untuk edukasi, dan 20 persen pengeluaran untuk penggunaan alat elektronik.

"Kalau kita lihat untuk generasi yang lebih tua ya, Milenial dan gen X, mereka merasa pengeluaran mereka lebih banyak untuk kebutuhan kebutuhan rumah, untuk bayar listrik, pendidikan, dan lainnya. Sedangkan untuk gen Z, terlihat pengeluarannya itu lebih banyak untuk kebutuhan personal mereka," tutur Edward.

Editor: Puti Aini Yasmin

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut