Survei Terbaru Ungkap Milenial-Gen X Irit Makan, Gen Z Gaya Nomor Satu
JAKARTA, iNews.id - Lembaga riset global YouGov melakukan survei kepada masyarakat milenial, Gen X dan Gen Z terkait orientasi pengeluaran dan pengelolaan keuangan dari ketiga generasi tersebut. Berikut hasilnya.
Menurut General Manager YouGov Indonesia, Edward Hutasoit terdapat perbedaan dari hasil survei orientasi pengeluaran dari ketiga generasi. Dalam survei, responden diberikan pilihan mengenai, pengeluaran apa yang harus dipangkas jika terjadi kebutuhan mendesak.
Hasilnya, milenial lebih memilih mengurangi tabungan, makan di luar, hingga bajet untuk traveling. Kemudian, Gen X memilih untuk mengurangi makan di luar, membeli pakaian, hingga mengurangi pengeluaran untuk hiburan.
Sedangkan Gen Z memilih untuk mengurangi biaya untuk perawatan kesehatan, dan belanja kebutuhan sehari-hari. Dengan kata lain, Gen Z lebih masih mempertahankan penampilan ketimbang kesehatan atau belanja kebutuhan sehari-hari.
"Perbedaan kontras terkait pilihan pengluaran yang harus dikurangi untuk Gen Z, yaitu ada di kebutuhan dasar, dan perawatan kesehatan," ujarnya dalam Webinar, Kamis (19/6/2025).
Lebih lanjut, ia menjelaskan dari habit pengeluaran juga terdapat perbedaan yang mencolok di antara ketiganya. Adapun, pengeluaran prioritas Gen Z ada di lifestyle. Sedangkan, Milenial dan Gen X memprioritaskan pengeluaran ke kebutuhan dasar.
Edward memaparkan bahwa orientasi pengeluaran Gen Z yaitu sebesar 21 persen untuk kecantikan dan personal care, 20 persen untuk beli pakaian, dan 14 persen untuk makan di luar.
Sedangkan, milenial ditemukan bahwa orientasi pengeluaran untuk belanja kebutuhan sehari-hari 39 persen, pengeluaran untuk penggunaan elektronik 19 persen, dan pengeluaran kebutuhan rumah 16 persen.
Lalu, orientasi pengeluaran Gen X, sebesar 40 persen untuk belanja kebutuhan sehari, 36 persen pengeluaran untuk edukasi, dan 20 persen pengeluaran untuk penggunaan alat elektronik.
"Kalau kita lihat untuk generasi yang lebih tua ya, Milenial dan gen X, mereka merasa pengeluaran mereka lebih banyak untuk kebutuhan kebutuhan rumah, untuk bayar listrik, pendidikan, dan lainnya. Sedangkan untuk gen Z, terlihat pengeluarannya itu lebih banyak untuk kebutuhan personal mereka," tutur Edward.
Editor: Puti Aini Yasmin