SWF Arab Saudi Borong Saham Perusahaan AS Selama Pandemi

Djairan ยท Rabu, 17 Februari 2021 - 12:48:00 WIB
SWF Arab Saudi Borong Saham Perusahaan AS Selama Pandemi
Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman. (Foto: rfi.fr)

DUBAI, iNews.id - Sovereign Wealth Fund (SWF) Arab Saudi, Public Investment Fund (PIF) memborong saham perusahaan Amerika Serikat (AS) selama pandemi. Dalam tiga bulan, lembaga investasi itu mengeluarkan dana 5,8 miliar dolar AS atau lebih dari Rp81 triliun.

Dikutip dari Reuters, Rabu (17/2/2021), kepemilikan PIF atas saham-saham emiten AS meningkat pada kuartal IV-2020 menjadi 12,8 miliar dolar AS dari kuartal sebelumnya 7 miliar dolar AS. Saham terbesar yang diborong PIF yaitu Electronic Arts (1,07 miliar dolar AS) dan Activision Blizzard (1,4 miliar dolar AS).

Di saat yang bersamaan, PIF juga mengurangi porsi kepemilikan sejumlah reksa dana Exchange Traded Fund (ETF) di AS dan saham Berskhire Hathaway.

Sepanjang tahun lalu, SWF Arab Saudi itu cukup aktif membeli saham-saham yang anjlok saat pandemi. Hal ini ditopang oleh dana bank sentral Arab Saudi sebesar 40 miliar dolar AS yang disuntikkan pada Maret dan April 2020.

Uber menjadi perusahaan yang paling besar dimiliki oleh PIF senilai 3,7 miliar dolar AS pada kuartal IV-2020, naik dari 2,66 miliar dolar AS pada kuartal III. PIF merupakan investor awal Uber dengan setoran 3,5 miliar dolar AS pada 2016, atau tiga tahun sebelum perusahaan itu IPO.

Sebagai informasi, PIF menjadi salah satu SWF terbesar di dunia dengan nilai aset mencapai 400 miliar dolar AS. Lembaga itu menargetkan asetnya mencapai 4 triliun dolar AS pada 2025.

Kehadiran PIF mendapatkan dukungan penuh dari Pangeran Saudi, Mohammed bin Salman. SWF tersebut menjadi salah satu strategi utama negara tersebut untuk mendiversifikasi aset di luar minyak dan gas.

Editor : Rahmat Fiansyah